Benarkan Gigi Berlubang Bisa Buat Nyawa Melayang?

Jakarta, KabarBerita.id — Gigi berlubang merupakan masalah kesehatan yang umum dialami banyak orang. Meski terkesan sepele, sebaiknya gigi berlubang segera ditangani karena bisa berakibat fatal jika terlalu lama diabaikan.

Dokter gigi dari E Dental Care, Rizka Triana mengatakan gigi berlubang adalah masalah kesehatan serius yang seharusnya tidak diabaikan. Pasalnya, masalah gigi berlubang ini memiliki efek berbahaya hingga berujung kematian.

“Biasanya kalau ada penyakit penyerta sistemik memang lebih tinggi risiko kematiannya jika kesehatan gigi dan mulutnya kurang bagus,” kata Rizka saat dihubungi CNNIndonesia.com, Senin (4/9).

Hingga saat ini Rizka memang belum menemukan kasus seseorang meninggal hanya karena giginya berlubang. Biasanya, orang tersebut meninggal karena penyakit penyerta yang semakin parah karena gigi berlubang yang tidak ditangani.

Dengan kata lain, kondisi gigi yang tidak sehat, terutama berlubang bisa memperburuk penyakit seseorang hingga menyebabkan kematian.

Rizka menyebut, gigi dan mulut merupakan cerminan tubuh bagian dalam. Ketika gigi dan mulutnya tidak dirawat dengan baik dan ada indikasi tidak sehat, tentu akan bermasalah juga pada organ tubuh lainnya.

Sangat penting rutin memeriksa kesehatan gigi dan mulut. Jika memang ada indikasi masalah gigi berlubang, sebaiknya segera ditangani. Entah itu ditambal atau dicabut. Semua tergantung pada hasil pemeriksaan.

“Dianjurkan melakukan cek rutin enam bulan sekali, karena sebenarnya kita bisa mulai mengeliminasi risiko infeksi di tubuh dengan mengeliminasi infeksi di mulut dulu,” katanya.

“Merawat gigi berlubang bisa mengurangi risiko komplikasi kesehatan yang lebih serius,” katanya.

Di media sosial juga sempat viral soal kematian akibat gigi berlubang. Salah satu akun Twitter mengaku memiliki sahabat yang meninggal karena gigi berlubang yang dimilikinya tidak pernah diobati.

Gigi berlubang itu disebut merupakan gigi geraham. Pasien menolak ke dokter gigi karena takut dan hanya minum obat pereda nyeri semasa hidupnya.

Tinggalkan Balasan