Bawaslu Bangka Barat Maksimalkan Pencegahan Pelanggaran Pilkada

Muntok, KabarBerita.id — Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, berusaha mengoptimalkan upaya pencegahan pelanggaran selama tahapan hingga pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2024.

 

“Untuk mencapai hal tersebut, kami mengingatkan seluruh anggota panwaslu kecamatan yang hari ini telah dilantik untuk segera beradaptasi. Sebagian besar dari mereka adalah anggota yang telah bertugas pada Pemilu 2024, namun ada juga beberapa anggota baru,” kata Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Barat, Deni Ferdian, usai melantik dan mengambil sumpah 18 anggota panitia pengawas pemilihan umum (panwaslu) kecamatan untuk Pilkada 2024 di Mentok, Sabtu.

 

Deni menjelaskan bahwa para anggota panwaslu kecamatan yang baru bergabung perlu cepat beradaptasi dan memahami berbagai regulasi agar dapat mendukung tugas dan tanggung jawab sebagai pengawas.

 

Dari 18 anggota panwaslu kecamatan yang dilantik, terdapat empat anggota baru, sedangkan 14 lainnya merupakan anggota panwaslu kecamatan yang sudah bertugas pada Pemilu 2024.

 

Selain melakukan pencegahan pelanggaran melalui penguatan komunikasi, kolaborasi, dan sosialisasi, Deni juga mengingatkan anggota panwaslu kecamatan untuk segera bekerja menyiapkan proses rekrutmen calon anggota pengawas kelurahan/desa (PKD).

 

Sesuai dengan jadwal tahapan Pilkada 2024, proses seleksi wawancara akan dilaksanakan dalam beberapa hari ke depan, dan para calon anggota PKD yang dinyatakan lulus akan dilantik pada tanggal 1 atau 2 Juni 2024.

 

“Dengan adanya pengawas di setiap desa dan kelurahan, akan memudahkan kita untuk melakukan pencegahan pelanggaran melalui peningkatan sosialisasi. Insyaallah, ini akan mampu mencegah hal-hal yang tidak diinginkan,” tambahnya.

Tinggalkan Balasan