Badai Idalia Terjang Florida, Bawa Gelombang Angin Mematikan

Jakarta, KabarBerita.id — Negara bagian Florida di Amerika Serikat disapu Badai Tropis Idalia, yang membawa angin kencang hingga menyebabkan pemadaman listrik pada Rabu (30/8) waktu setempat.

Pejabat setempat menyebut Badai Tropis Idalia yang membawa gelombang tinggi mematikan, sebagai peristiwa sekali seumur hidup di wilayah barat laut Florida.

Laporan Pusat Badai Nasional Amerika Serikat menyebut Idalia membawa badai kategori tiga yang “sangat berbahaya” di daerah Big Bend, Florida.

Meskipun Idalia melemah menjadi badai Kategori 1 dan menjadi badai tropis dengan kecepatan angin 70 mil per jam di atas Georgia, pihak berwenang memperingatkan penduduk akan dampaknya dan bahaya air pasang.

“Ini sangat menakutkan karena semua pohon tumbang. Tapi begitulah adanya, ini kehidupan di Florida. Anda harus terbiasa dengan hal seperti ini,” ujar seorang warga Florida, John Kallschmidt, dikutip AFP.

Meskipun belum ada korban jiwa yang terkonfirmasi akibat badai, Gubernur Florida Ron DeSantis menekankan bahwa “hal itiu mungkin saja berubah”, mengingat besarnya badai yang terjadi.

Dia mengatakan tim pertolongan pertama termasuk tim pencarian dan penyelamatan sudah beroperasi, meski diperlukan waktu untuk menjangkau daerah-daerah terpencil yang terhalang oleh pohon tumbang atau tingginya air.

Sebelumnya pemerintah setempat telah memerintahkan evakuasi massal untuk ribuan warga Florida, meskipun banyak yang menentang dan memilih bertahan.

Tinggalkan Balasan