Atasi Banjir di Kecamatan Parittiga dan Jebus, Pemkab Bangka Barat Atur Strategi

Bangka, KabarBerita.id — Pemerintah Kabupaten Bangka Barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sudah membahas strategi atau langkah cepat untuk menanggulangi banjir di beberapa titik di Kecamatan Parittiga dan Jebus.

Pembahasan itu dipimpin Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming Ming bersama Forkompimda Bangka Barat, di Kecamatan Parittiga beberapa waktu lalu.

Bong Ming Ming mengatakan bahwa dalam waktu dekat bakal memetakan dan mencari solusi baik jangka pendek dan jangka panjang terkait penanganan bencana ini.

Sehingga masyarakat di wilayah setempat dapat terhindar dari banjir. Dana untuk penanggulangan bencana itu pun sudah di siapkan pemerintah sebesar Rp 2 miliar.

“Di beberapa titik akan kita lakukan penanganan, dalam satu atau dua hari ini. Untuk di Desa Limbung dan Desa Sinar Manik, Kecamatan Jebus yang merupakan rawan banjir harus cepat kita tangani,” ujarnya.

Penanganan masalah banjir ini harus dilakukan, ia juga meminta Satpol Air Polres Bangka Barat untuk menyiapkan kendaraan penyelamat berupa perahu karet saat terjadi banjir.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangka Barat diminta agar senantiasa siaga di lokasi banjir untuk melakukan evakuasi masyarakat yang terdampak.

“Kalau masih banjir dan curah hujan yang tinggi, Dinas Sosial akan kita suruh dalam menyiapkan dapur umum, serta untuk Dinas Kesehatan akan kita hadirkan dalam memeriksa kondisi kesehatan masyarakat yang terkena banjir,” ungkapnya.

Bong Ming Ming turut mengapresiasi dukungan semua pihak yang telah banyak membantu mengatasi permasalahan banjir ini agar masyarakat tetap aman.

Kapolres Bangka Barat, AKBP Catur Prasetyo menyebut penanganan permasalahan banjir yang terjadi di wilayah Jebus, dan Parittiga, harus koordinasi kepada semua instansi lain.

“Kita siap mendukung apa yang menjadi keputusan bersama dalam mengantisipasi curah hujan yang tinggi di wilayah Bangka Barat ini,” ungkapnya.

“Apa yang disampaikan Pak Wabup tadi dalam mendukung sarana prasarana terkait perahu karet, serta keamanan secara kondusif. Dengan bekerja bersama, mengatasi curah hujan yang tinggi keadaan ini bisa kita selesaikan bersama,” tambahnya.

Tinggalkan Balasan