Anies: Takbir Keliling Tradisi yang Harus Dikembalikan di Jakarta

Jakarta, KabarBerita.id — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri acara takbiran di Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) KS Tubun, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Anies menyebut Indonesia mempunyai tradisi untuk takbiran sejak dahulu. Sehingga tradisi takbiran itu tidak boleh hilang.

“Takbiran itu adalah bertakbir sepanjang malam dan itu disunnahkan. Kami di Indonesia punya kebiasaan untuk mengadakan takbir keliling. Ini sebuah tradisi yang dulunya kami menggunakan obor keliling kampung karena waktu itu belum ada lampu merayakan malam kemenangan,” ucap Anies kepada wartawan di Rusunawa KS Tubun, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (4/6).

Anies melanjutkan di Jakarta pun bukan pengecualian adanya kegiatan takbiran ini dilaksanakan. Anies ingin agar warga merasakan tanah mereka sendiri dan rumah mereka sendiri. Jangan sampai mereka seakan berada di tanah asing dimana mereka tidak boleh melaksanakan yang menjadi kebiasaannya selama ratusan tahun.

“Izinkan warga Jakarta menjadi tuan rumah di tanahnya sendiri dan inilah yang sekarang kami kembalikan di Jakarta. Kami ingin agar warga Jakarta merasakan di rumah sendiri, bisa melaksanakan takbiran dan peran pemerintah adalah memastikan itu berjalan tertib dan damai itu saja,” ujar Anies yang malam itu memakai baju muslim berwarna abu-abu serta peci hitam.

Ia melihat di pinggir jalan sudah banyak yang bersiap-siap untuk takbiran keliling. Ia mengaku senang banyak warga yang antusias merayakan lebaran. Anies mengimbau kepada warga agar tetap tertib melaksanakan malam takbiran hingga besok untuk melaksanakan shalat Idul Fitri.

“Saya tadi naik mobil keliling beberapa tempat, kegiatan pertamanya di sini. Sesudah ini nanti kami akan ke tempat lain yaitu Tanah Abang. Kemudian, Bundaran HI dan beberapa wilayah selanjutnya mengalir saja. Ya mengalir saja memantau kondisi di ibu kota, senang sekali dengan antusias warga,” ucapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here