Berita  

Anies Sebut Pengelolaan Sampah dengan ITF Jauh Lebih Hemat

Jakarta, KabarBerita.id — Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan, pengelolaan sampah dengan konsep intermediate treatment facility (ITF) lebih hemat anggaran. Ia membandingkan biaya yang dikeluarkan pengolahan sampah selama ini tanpa ITF.

Anies memaparkan, pengolahan sampah tanpa ITF sebesar Rp 362.122 per ton, sedangkan dengan ITF Sunter Rp 246.596 per ton. Sehingga efisiensi ekonomi pengolahan sampah dengan ITF sebesar Rp 115.526 per ton.

Hal itu ia sampaikan dalam penyampaian jawaban atas pandangan fraksi yang diselenggarakan dalam rapat paripurna di DPRD DKI Jakarta pada Senin (1/7). Anies juga mengatakan, ITF Sunter yang sudah dilakukan groundbreaking pada 2018 telah mengantongi Analisa Dampak Lingkungan (Amdal).

ITF Sunter telah memiliki rekomendasi Amdal Nomor 46/K.1a/31/-1.774.15/2018 diterbitkan pada 19 Desember 2018. “Dan ITF baru akan dibangun di beberapa lokasi sesuai dengan masterplan,” lanjut Anies.

Ia menambahkan, penugasan kepada PT Jakarta Propertindo (Jakpro) untuk mengelola ITF sudah sesuai Peraturan Gubernur (Pergub). Hal itu tertuang dalam Pergub Nomor 33 Tahun 2018 tentang Penugasan Lanjutan Kepada Perseroan Terbatas Jakarta Propertindo Dalam Penyelenggaraan Fasilitas Pengelolaan Sampah di Dalam Kota (ITF).

Tinggalkan Balasan