Anies Janjikan Tambah Anggaran BRIN Apabila Menang Pilpres 2024

Jakarta, KabarBerita.id — Bakal calon presiden Anies Baswedan mengatakan bakal menambah anggaran Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) jika terpilih menjadi presiden pada Pilpres 2024.

“Iya dan tentu kita merencanakan untuk menaikkan. Kenaikan, menggradual, supaya bersamaan dengan peningkatan produktivitas di dalam bidang penelitian sehingga ini bisa meningkat,” kata Anies di Gedung BRIN, Jakarta Selatan, Kamis (5/10).

Anies mengaku mendapat cerita dari para peneliti BRIN terkait kecilnya anggaran riset saat menjadi pembicara di lembaga tersebut.

Menurutnya, anggaran riset di Indonesia rendah jika dibandingkan dengan negara-negara lain.

“Anggaran untuk riset, yang secara proporsi kita sangat rendah dibandingkan dengan negara-negara lain,” ujarnya.

Anies menegaskan bahwa anggaran untuk penelitian perlu ditingkatkan. Menurutnya, inovasi dari para peneliti mampu mendorong Indonesia menjadi negara maju.

“Saya sampaikan bahwa anggaran untuk penelitian untuk riset itu memang harus terus di berikan peningkatan. Dan didorong untuk selalu melalukan inovasi karena itulah yang bisa membuat bangsa kita maju, berkembang kalau kita investasi di dalam kualitas manusia,” ujarnya.

“Kualitas manusia itu adalah satu kesehatan, kedua lewat pendidikan dan dalam unsur pendidikan adalah kemampuan untuk riset,” sambungnya.

Pasangan Anies dan Cak Imin kini telah didukung oleh Partai NasDem, PKB dan PKS. Mereka menyatakan siap menjadi yang pertama mendaftar ke KPU.

Tinggalkan Balasan