Bagi Pemula Diet, Berikut Pilihan Olahraga Yang Cocok Bantu Bakar Kalori

Jakarta, KabarBerita.id — Bagi orang yang tengah menjalani diet,cara paling efektif untuk menurunkan berat badan ialah dengan melakukan rutinitas olahraga.

Bagi pemula,jenis olahraga yang patut dilakukan bisa dipilih sesuai kebutuhan dan wajib dijalankan secara konsisten dengan dibarengi asupan diet agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Disamping menurunkan berat badan olahraga juga bermanfaat untuk masalah kesehatan lain seperti meningkatkan massa otot, meningkatkan imunitas tubuh dan menjaga kesehatan mental.

Terdapat beberapa pilihan olahraga yang bisa kita coba demi mempercepat pembakaran kalori antara lain,

1. Lompat tali

Bagi diet pemula, lompat tali yang merupakan olahraga yang melibatkan seluruh tubuh dapat membakar lemak dengan cepat apabila dilakukan dengan benar.

Rata-rata dengan melakukan lompat tali pada tiap menitnya 10 kalori dalam tubuh dapat terbakar.

Namun,melakukan lompat tali dalam waktu lama bukan merupakan kunci utama dalam menurunkan berat badan melainkan kita perlu mengatur intensitas serta kecepatan lompatan supaya lebih efektif.

kita bisa melakukan lompatan selama 30 detik tanpa henti baru kemudian istirahat 1 menit dan mengulangnya kembali hingga 9 kali repetisi.

2. Jalan cepat

Apabila kita jarang melakukan olahraga dan langsung ingin memulai olahraga dari intensitas sedang hingga berat maka akan berpotensi mematikan semangat olahraga Tubuh akan cepat merasa lelah karena belum terbiasa dengan gerakan cepat.

Sebaiknya kita membangun perlahan kekuatan nafas dan otot mulai dengan olahraga ringan seperti jalan cepat. Menurut Mayo Clinic,jalan cepat merupakan olahraga yang efektif membakar kalori.Sekitar 150 kalori akan terbakar apabila kita melakukan jalan cepat selama 30 menit.

Direkomendasikan apabila kita hendak menurunkan berat badan maka wajib melakukan 30-45 menit jalan cepat yang dilakukan tiap hari dalam satu minggu.

3. Lari

Olahraga lari bisa menjadi efektif menurunkan berat badan apabila kita membuat jadwal yang teratur.

Apabila kita sebagai pemula hendak langsung melakukannya setiap hari maka malah akan beresiko mengalami kelelahan, hilang motivasi dan cedera.

Kita sebaiknya melakukan olahraga lari 3 kali seminggu dengan durasi 20 sampai 30 menit. Dengan begitu kita dapat membakar kalori dalam tubuh hingga sekitar 200-500 kalori.

4. Latihan plyometrik

Latihan plyometrik seperti melakukan push up,sit up,squat jump, dan jumping jack dinilai menjadi pilihan olahraga yang bisa dilakukan oleh para diet pemula.

Dalam Latihan plyometrik maka akan melibatkan seluruh anggota tubuh bagian atas dan bawah. dengan melakukan latihan tersebut maka kalori dalam tubuh bisa terbakar hingga 10 kalori per menitnya.

Sebelum melakukan latihan olahraga ini pastikan kita sudah melakukan pemanasan minimal 10 menit terlebih dahulu.

Tinggalkan Balasan