9 Penerobos Masjidil Haram Saat Pelaksanaan Ibadah Haji Berhasil Ditangkap Aparat Saudi

  • Bagikan
Ibadah Haji

Jakarta, KabarBerita.id — Di tengah pelaksanaan ibadah haji terdapat 9 orang yang hendak menerobos ke Masjidil Haram namun akhirnya berhasil ditangkap oleh Aparat keamanan Arab Saudi.

Melansir dari Saudi Gazette, menurut kantor berita Saudi Press Agency,bahwa Komandan Pasukan Pengamanan Haji, Brigjen Sami Al-Shuwairekh yang menyampaikan informasi tersebut. Aksi tersebut terjadi pada hari Sabtu pekan lalu.

Berdasar keterangan Al-Shuwairekh masing-masing pelanggar harus membayar denda sebesar 10ribu Riyal. Oleh karenanya dirinya meminta masyarakat Saudi memahami aturan pelaksanaan haji yang digelar secara terbatas di tahun ini dan meminta mereka untuk tidak melakukan aksi nekat tersebut.

Pada tahun ini untuk jemaah haji yang diperbolehkan mendaftar ialah mereka yang merupakan penduduk Saudi atau mereka yang tinggal di waktu lama di negara tersebut.Dari 558ribu orang yang mendaftar, hanya 60orang yang lolos dalam tahapan seleksi.

Diketahui seluruh jemaah calon haji tersebut dinyatakan dalam kondisi prima oleh Kemenkes Arab Saudi. Pelaksanaan ibadah haji tetap menerapkan protokol kesehatan ketat.seluruh jamaah diminta memakai masker menjaga jarak dan tidak boleh menyentuh Hajar Aswad di Ka’bah.

Demi menghindari kerumunan serta penumpukan pelaksanaan ibadah pun digelar dengan cara beregu di waktu tertentu.Selain itu, demi menekan kontak fisik antar petugas dengan para jemaah saldi sudah mengerahkan robot untuk membagikan air zam-zam.

Besok umat muslim di dunia akan memperingati Idul Adha,saat ini para jemaah haji pun juga sudah dalam puncak ibadahnya yakni telah melakukan wukuf di Padang Arafah, Mina.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan