3000 Petugas DLH Kebersihan Siap ‘Lembur’ Saat Libur Lebaran

Jakarta, KabarBerita.id — Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta menyiapkan sebanyak 3.000 petugas kebersihan saat malam Takbiran hingga Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah guna memastikan Ibu Kota tetap bersih selama libur lebaran.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto mengatakan pihaknya akan menyiapkan sekitar 70 petugas di setiap kecamatan.

“Lebih dari 3.000 personel di seluruh Jakarta yang bertugas saat malam takbiran hingga Hari H Idul Fitri. Termasuk TPST Bantargebang yang tetap melakukan pelayanan selama libur lebaran,” kata Asep melalui keterangan tertulis, Jumat (14/4).

Asep menuturkan ribuan petugas itu juga akan membantu penanganan kebersihan masjid-mesjid besar di Jakarta.

Selain ribuan petugas, kata dia, DLH DKI Jakarta juga menyiapkan ratusan truk sampah dan 85 unit kendaraan penyapu jalan otomatis atau road sweeper.

“Dinas Lingkungan Hidup juga menyiapkan personel dan sarana untuk penanganan sampah di lokasi stasiun dan terminal sebagai bagian dari himbauan mudik minim sampah dan masjid-mesjid besar di Jakarta,” ujarnya.

Asep mengaku telah menginstruksi Satuan Pelaksanaan Lingkungan Hidup Kecamatan dan pengemudi truk sampah agar mengosongkan Tempat Penampungan Sampah Sementara (TPS) di seluruh wilayah Jakarta sejak H-4 lebaran.

Hal itu bertujuan agar TPS dapat menampung sampah dengan kapasitas maksimal pada saat libur hari H dan H+1 lebaran. Selain itu, agar kondisi lingkungan sekitar TPS tetap nyaman, tidak berbau menyengat, serta menghindari berkembangnya lalat dan vektor penyakit lainnya.

DLH DKI Jakarta telah mengantisipasi peningkatan tonase dengan mengoptimalkan pengangkutan sampah.

Asep berujar sebanyak 250 personel ditugaskan piket di tempat pengelolaan sampah TPST Bantargebang selama libur lebaran. Sebab, tempat diprosesnya sampah Jakarta itu tetap beroperasi seama 24 jam.

Berdasarkan data DLH, rata-rata per hari berat sampah yang dikirim ke TPST Bantargebang pada kondisi normal berkisar 7.400- 7.700 ton per hari dengan 1.300 – 1.400 rit truk sampah.

Tinggalkan Balasan