Berita  

14 Balon Udara Liar Dilaporkan Ganggu Rute Penerbangan

Yogya, KabarBerita.id — General Manager Airnav Yogyakarta, Nono Sunariyadi, mengaku sudah menerima 14 laporan soal balon-balon udara liar. Angka tersebut terhitung sejak 4-8 Juni 2019.

“Untuk laporan penerbangan balon liar sampai (8/6) kemarin itu ada 14 yang dilaporkan untuk wilayah Yogyakarta,” kata Nono di Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Ahad (9/6).

Namun, 14 laporan itu tidak melulu tiap satu laporan satu balon. Ada pilot-pilot yang dalam satu laporan melihat tiga, lima bahkan belasan balon-balon liar satu kali terbang.

Tahun lalu, periode yang sama, Airnav Yogyakarta menerima 29 laporan. Jadi, dibandingkan tahun lalu, memang ada penurunan cukup banyak atau sekitar 50 persen.

Namun, ia menekankan, balon-balon udara liar sangat mengganggu penerbangan. Sehingga, tetap dilakukan sosialisasikan peraturan menggandeng Polisi, TNI, Camat dan tokoh-tokoh masyarakat.

Nono berharap, penerbangan balon-balon udara secara liar tidak dilakukan lagi. Karenanya, Airnav telah pula mengakomodir dalam bentuk festival balon udara. “Dengan diikat ketentuan-ketentuan yang sesuai Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 40 Tahun 2018,” ujar Nono.

Tinggalkan Balasan