Berita  

WIFT 2017 Pecahkan Tiga Rekor MURI

Babang, KabarBerita.id — Widi International Fishing Tournament (WIFT) 2017 berakhir pada 29 Oktober 2017 malam waktu setempat. Ajang memancing internasional yang dibuka oleh Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan ini ditutup dengan beberapa torehan.

Museum Rekor Indonesia (MURI) memberikan tiga penghargaan rekor MURI kepada penyelenggaraan WIFT 2017 sekaligus. Pertama, WIFT 2017 mendapat rekor MURI untuk Turnamen Memancing Internasional dengan kapal nelayan terbanyak. Tak kurang, ada lebih dari 50 nelayan yang digunakan selama perhelatan WIFT 2017.

Kedua, WIFT 2017 mendapat rekor MURI untuk Jumlah Peserta Pemancing Mancanegara Terbanyak. Tercatat, selama 25-29 Oktober 2017, turnamen memancing internasional ini diikuti 13 tim dari mancanegara seperti Amerika Serikat, Inggris, Perancis dan Malaysia. Ketiga, WIFT 2017 mendapat rekor MURI sebagai daerah yang mendeklarasikan sebagai Destinasi Wisata Memancing Internasional.

Bupati Halmahera Selatan (Halsel) yang menerima rekor MURI untuk kategori pertama mengaku bersyukur penyelenggaraan WIFT 2017 berlangsung sukses. Rekor MURI dengan pelibatan kapal nelayan terbanyak menunjukkan jika perhelatan internasional di Halsel seperti WIFT turut menggairahkan perekonomian masyarakat Halsel secara langsung khususnya para nelayan.

“Kita jadikan ajang WIFT 2017 ini sebagai cambuk untuk terus berbenah. InsyaAllah lewat ajang ini potensi Pulai Widi dan Halsel pada umumnya sudah tersampaikan ke dunia. Kita siap menjadikan ajang WIFT sebagai ajang tahunan,” tutur Bahrain di Labuha, Halsel, Senin (30/10).

Bahrain juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Maluku Utara yang memberikan kepercayaan kepada Halsel sebagai tuan rumah WIFT 2017. “Kami juga sampaikan kepada Bapak Presiden Joko Widodo dan Bapak Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan atas kepercayaannya kepada masyarakat Halsel,” ujar Bahrain.

Pada ajang WIFT 2017, Tim Mancing Mania Manado menyabet Piala Bergilir Presiden RI setelah keluar sebagai juara pertama dengan poin 221.35. Selain Piala Presiden RI, Tim Mancing Mania Manado juga berhak atas hadiah uang tunai Rp 100 juta rupiah.

Juara kedua diraih oleh Tim Harvest dengan 210 poin dan juara ketiga Tim Bluefin dengan 100 poin. Masing-masing mendapat hadiah uang tunai Rp 50 Juta dan Rp 30 Juta.

Tinggalkan Balasan