WHO Sebut 1 Anak Meninggal Dunia Akibat Wabah Hepatitis Misterius

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakab setidaknya ditemukan 169 kasus hepatitis misterius pada anak.

Kondisi ini telah diidentifikasi sebagai wabah yang menimpa 11 negara.

Di antara kasus hepatitis tersebut setidaknya satu anak dilaporkan telah meninggal dunia. Sementara 17 anak dilaporkan memerlukan transplantasi hati.

Hingga saat ini belum diketahui pasti apa yang menyebabkan hepatitis akut tersebut. Sementara ini adenovirus diduga menjadi salah satu penyebabnya.

Dalam beberapa kasus yang ditemukan, hepatitis misterius ini menimbulkan sindrom klinis berupa adanya peningkatan enzim hati.

Banyak kasus melaporkan gejala masalah pencernaan seperti sakit perut, diare, dan muntah. Sebagian besar kasus yang dilaporkan tidak disertai dengan gejala demam.

Hepatitis merupakan peradangan hati yang bisa menurunkan fungsinya. Hati sendiri merupakan organ vital yang memproses nutrisi, menyaring darah, dan membantu melawan infeksi.

Umumnya, hepatitis disebabkan oleh infeksi virus. Adenovirus merupakan jenis virus paling umum yang menyebabkan hepatitis dari ringan hingga parah.

Sebagaimana diketahui, dalam beberapa waktu ke belakang dunia ramai oleh kasus hepatitis misterius yang terjadi pada kelompok anak usia satu bulan hingga 16 tahun.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan