Berita  

Waspadi Kebiasaan Makan Hanya di Satu Sisi Mulut

Ilustrasi makan dengan satu sisi mulut

Jakarta, KabarBerita.id — banyak orang merasa nyaman untuk mengunyah hanya di salah satu sisi mulut, kiri ataupun kanan. Namun ternyata hal tersebut perlu untuk dihindari.

Sebaiknya kita melakukannya secara seimbang di kedua sisi mulut. Hanya mengunyah di satu sisi dapat mengakibatkan munculnya karang gigi dan mengganggu kebersihan mulut.

Rosdiana Nurul Annisa, Dokter spesialis konservasi gigi RS Pelni Jakarta menyatakan bahwa air liur yang diproduksi saat mengunyah dapat membantu membersihkan mulut. Oleh karena itu sisi yang tidak pernah dipakai untuk mengunyah akan muncul banyak karang gigi.

Air liur memiliki beberapa fungsi bagi mulut, yakni memberikan rasa nyaman dan tidak kering pada mulut, membantu menghancurkan makanan, serta merasakan dan menelan makanan.

Tak hanya itu, air liur juga mengandung protein dan mineral yang bisa melindungi lapisan terluar gigi demi mencegah kerusakan gigi juga penyakit gusi.

Resiko gigi berlubang menjadi berkurang karena air liur mampu membersihkan partikel makanan yang tertinggal di gigi.

Selain itu Rosdiana juga menjelaskan bahwa terdapat masalah lain apabila kita tetap melakukan kebiasaan mengunyah hanya dengan satu sisi. Sendi yang tidak digunakan untuk mengunyah lama-lama akan menjadi lemah. Hal
tersebut tidak dianjurkan untuk tetap berlanjut.

Kita wajib mengenali apa yang jadi penyebab kita memiliki kebiasaan tersebut. Mungkin ada rasa tidak nyaman di salah satu rongga yang sumbernya bisa bervariasi, seperti di salah satu sisi memiliki gigi yang berlubang.

Tinggalkan Balasan