Waspadai Kebiasaan Mendengkur, Gangguan Tidur yang Bisa Munculkan Masalah Kesehatan

  • Bagikan
Ilustrasi mendengkur

Jakarta, KabarBerita.id — Ternyata mendengkur merupakan aktivitas yang bisa memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Salah satunya ialah bisa memunculkan penyakit kardiovaskular. Seorang dokter spesialis RS UI Niken Lestari, menyarankan kita untuk tidak menyepelekan perihal mendengkur.

Dampak lain yang bisa ditimbulkan ialah munculnya selesma, stroke, dan masalah kognitif seperti gangguan konsentrasi dan daya ingat. Akibat mendengkur, kualitas dan kuantitas tidur pun juga bisa terganggu dan menjadikan aktivitas sehari-hari tidak optimal.

Niken menekankan pentingnya mengetahui apa yang menyebabkan kita mendengkur saat tidur. Terdapat faktor yang yang bisa menyebabkan seseorang mendengkur yakni adanya kelainan pada otak dan gangguan saluran pernapasan.

Terjadinya gangguan saluran nafas bisa disebabkan karena adanya perubahan struktur dalam hidung, atau juga bisa karena melemahnya fungsi otot tenggorokan.

Penjelasan tersebut bisa menampik mitos yang dipercaya masyarakat, yang mana sebagian kita percaya bahwa mendengkur ialah sebagai tanda tidur kita nyenyak atau tubuh kita sedang lelah.

Kita diminta untuk berkonsultasi dengan dokter demi mengetahui penyebab serta cara penanganan dini tentang bahaya mendengkur supaya tidak berdampak buruk bagi kesehatan.

“Apabila di deteksi sejak dini maka gangguan ini bisa segera diberikan penanganan demi mencegah dampak buruk terjadi,” tutur Niken

Sementara itu dilansir dari Mayo Clinic, adapun hal lain yang bisa dilakukan demi menghentikan dengkuran, yakni melakukan perubahan gaya hidup dengan menghindari minuman beralkohol serta berupaya menurunkan berat badan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan