Waspadai Bahaya Konsumsi Berbagai Vitamin Secara Bersamaan

  • Bagikan
Ilustrasi Vitamin

Jakarta, KabarBerita.id — Kita semua tahu bahwa tubuh kita perlu untuk mendapatkan vitamin yang cukup. Oleh karena itu kita selalu berupaya mengonsumsi suplemen vitamin setiap harinya. Mulai dari vitamin yang larut dalam lemak seperti vit A, D, E, dan K juga vitamin yang larut dalam air sepeeti Vit C, B dan masih banyak lagi.

Tetapi banyak dari kita yang tidak mengetahui bahwa terdapat beberapa vitamin yang tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan.

Vitamin yang larut dalam lemak bisa disimpan didalam tubuh lebih lama dibanding dengan yang larut dalam air. Akan tetapi, tubuh kita ternyata tidak mampu menyerap vitamin K apabila kita mengonsumsinya bersamaan dengan vitamin yang dapat larut dalam lemak lainnya.

Vitamin K dapat membantu proses pembekuan darah, di sisi lain vitamin E berguna untuk mengencerkan darah. Oleh karena itu apabila keduanya dikonsumsi secara bersamaan maka salah satu manfaat vitamin akan sia-sia. Oleh karena itu kita sebaiknya mengonsumsinya secara terpisah agar mendapat hasil maksimal.

Sementara itu apabila kita mengonsumsi secara bersamaan vitamin yang larut dalam air seperti vitamin B dan C maka tidak akan menjadi masalah. Karena tubuh kita bisa menghilangkan kelebihannya melalui urine.

Namun terdapat Vitamin yang larut dalam air lain yakni folat dan vitamin B12 yang akan memiliki dampak buruk apabila dikonsumsi secara bersamaan. Masalah tersebut berdampak ketika dosis besar folat membuat kita tidak mengetahui tubuh sedang kekurangan vitamin B12, sehingga bisa mengakibatkan kerusakan saraf.

Meski konsumsi vitamin tampak tidak memiliki bahaya tetapi jika terlalu banyak maka bisa membahayakan. Demi menghindari hal tersebut kita hanya butuh memakan makanan yang sehat, sehingga suplemen vitamin tidak kita perlukan sama sekali untuk dikonsumsi.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan