Waspada, Ruam Kulit Bisa Jadi Tanda Kanker Payudara

  • Bagikan
Ilustrasi Kanker

Jakarta, KabarBerita.id — Ruam Dapat muncul di mana saja termasuk di payudara. Beberapa jenis ruang bisa menghilang dengan sendirinya dan beberapa lainnya membutuhkan intervensi.

Ruam pada payudara dapat menimbulkan rasa khawatir dan dapat menjadi tanda adanya kanker payudara.

Sayangnya gejala ruam pada payudara kerap disepelekan. Akibatnya penyakit berkembang dengan cepat tanpa adanya intervensi apa pun.

Kasus kanker yang ditandai dengan ruam pada dasarnya jarang terjadi Meski demikian, Anda tetap perlu melakukan pemeriksaan medis jika menemukan ruam di payudara.

Melansir Medical News Today, kanker payudara inflamasi (IBC) adalah bentuk kanker langka yang salah satunya ditandai oleh ruam atau iritasi kulit. Kanker payudara jenis ini berkembang dengan cepat dan cenderung agresif.

Selain ruam tanda kanker payudara, ada beberapa gejala IBC lain yang kerap muncul seperti pembengkakan payudara, penebalan kulit payudara, perubahan warna kulit, nyeri atau terasa gatal, perubahan pada bentuk puting.

Namun demikian, IBC umumnya tak akan menimbulkan gejala berarti hingga adanya perubahan pada kulit yang terlihat jelas. Dalam kondisi demikian, perawatan yang tepat segera diperlukan.

Kulit di area payudara diketahui rentan pada ruam. Umumnya, ruam yang muncul relatif tidak berbahaya.

Berikut beberapa penyebab ruam pada payudara selain kanker.

1. Infeksi

Intertrigo atau infeksi bakteri/jamur terjadi saat kulit bergesekan dengan kulit, terutama jika ada kelembapan. Kondisi ini bisa memicu ruam, perubahan warna kulit, gatal, hingga luka.

2. Reaksi alergi

Ruam menjadi salah satu tanda utama reaksi alergi. Ruam bisa muncul di mana saja, termasuk pada payudara.

3. Herpes zooster

Ruam akibat herpes zooster bisa terasa menyakitkan dan menimbulkan lepuhan. Pada kasus ini, ruam juga bisa muncul di area sekitar payudara.

4. Abses payudara

Abses payudara merupakan tanda adanya infeksi bakteri. Kebanyakan kasus abses disebabkan oleh masa menyusui.

Selain ruam, abses juga bisa menimbulkan rasa nyeri, perubahan kulit, pembengkakan, hingga gejala mirip flu.

5. Mastitis

Mastitis merupakan peradangan pada jaringan payudara. Selain ruam, mastitis juga ditandai dengan rasa nyeri dan bengkak pada area yang terkena, perubahan warna kulit, hingga demam.

Lakukan konsultasi dengan dokter untuk memastikan ruam kulit sebagai tanda kanker payudara.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan