Waspada, Kebiasaan Sehari-hari Ini Picu Batu Ginjal

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Batu ginjal adalah penyakit yang disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat. Ada beberapa kebiasaan yang bisa menyebabkan batu ginjal.

Batu ginjal atau dikenal dengan nama urolithiasis merupakan endapan keras yang terbuat dari mineral dan garam yang terbentuk di dalam ginjal. Sering kali, batu terbentuk ketika urine menjadi pekat, memungkinkan mineral mengkristal dan saling menempel.

Rasa sakit saat buang air kecil bisa dirasakan ketika Anda mengalami batu ginjal.

Terkadang penyakit ini bisa disembuhkan hanya dengan minum obat pereda nyeri dan memenuhi asupan cairan untuk mengeluarkan batu ginjal.

Dilansir Mayo Clinic, pembedahan juga bisa dilakukan terutama saat batu tersangkut di saluran kemih, berhubungan dengan infeksi saluran kemih, atau menyebabkan komplikasi.

Batu ginjal tentu bisa dicegah. Salah satunya dengan menghindari kebiasaan yang bisa menyebabkan batu ginjal. Berikut beberapa penyebab batu ginjal yang perlu Anda perhatikan.

1. Berat badan berlebih
Jika tak menjaga berat badan, maka Anda bisa saja mengalami batu ginjal. Menjaga berat badan jadi salah satu cara efektif mencegah batu ginjal.

2. Konsumsi garam dan gula berlebih
Selain menyebabkan penambahan berat badan, gula dan garap juga dapat meningkatkan jumlah kalsium di ginjal. Kondisi ini bisa mendorong pembentukan batu ginjal.

3. Makan protein hewani
Daging merah, unggas, telur, susu, dan makanan laut dapat meningkatkan kadar asam urat yang menyebabkan pembentukan batu di ginjal.

4. Makanan kaya oksalat
Bukan hanya makanan tidak sehat yang bisa menjadi masalah. Oksalat, yang ditemukan di banyak buah, sayuran, dan kacang-kacangan, dapat menyebabkan pembentukan kristal. Jadi, penting untuk mengetahui makanan mana yang rendah oksalat.

5. Kurang minum air putih
Banyak kasus dehidrasi disebabkan oleh kondisi medis tertentu. Namun begitu, banyak orang terkena batu ginjal karena kurangnya asupan cairan.

Hindari beberapa kebiasaan yang menyebabkan batu ginjal di atas agar tubuh tetap sehat.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan