Waspada, Kebiasaan Merokok dapat Picu Tiroid Mata

Jakarta, KabarBerita.id — Kebiasaan merokok tak cuma merusak paru-paru, jantung, dan otak. Merokok juga bisa menjadi masalah bagi mata.

Dokter spesialis mata neuro-oftalmologi di Jakarta Eye Center (JEC), Alia Arianti mengatakan bahwa kebiasaan merokok bisa jadi salah satu pemicu tiroid mata. Tak cuma pada perokok aktif, tapi kondisi ini juga bisa dialami perokok pasif.

“Pola hidup yang sangat berpengaruh itu merokok dan perokok pasif. Rokok adalah musuh bagi orang yang punya kelainan tiroid. Jadi, ya, harus stop rokok,” kata Alia dalam webinar yang digelar JEC, beberapa waktu lalu.

Tiroid mata adalah gangguan pada mata yang bisa menyebabkan peradangan, pembengkakan, hingga kerusakan pada jaringan di sekitar mata.

“Tiroid mata bahkan bisa menyerang otot, jaringan lemak, hingga jaringan ikat mata. Kalau tidak diobati bisa membuat buta,” kata Alia.

Tiroid mata sendiri biasanya jarang disadari hingga kondisinya bisa cukup parah. Jika dibiarkan, penyakit ini bisa menyebabkan kebutaan permanen.

Perlu diketahui bahwa penyakit tiroid mata bukan terjadi karena keturunan. Penyakit ini muncul karena gangguan hormon tiroid yang diderita seseorang.

Penyakit mata tiroid juga lebih sering dialami wanita. Sebab, hormon tiroid memang paling banyak diproduksi wanita.

“Kejadian ini sering terjadi pada wanita dibanding pria. Tapi pria juga harus hati-hati karena bisa terserang dan jangan sampai disepelekan,” kata dia.

Dia juga mengingatkan agar para perokok lebih toleran terhadap orang di sekitarnya. Jangan merokok sembarangan, karena bisa jadi orang di sebelah Anda memiliki masalah gangguan hormon.

“Jadi ya harus toleransi, karena meskipun tidak merokok tapi sering terpapar asap rokok, ya bisa terkena penyakit tiroid mata,” kata dia.

Tinggalkan Balasan