Berita  

Warga Cina Justru Dukung Penuh Aung San Suu Kyi

Beijing, KabarBerita.id — Meskipun mendapatkan kritikan tajam dari media-media di Barat, penasihat pemerintah Myanmar dan mantan peraih Nobel Perdamaian Aung San Suu Kyi mendapatkan sambutan positif dari warganet di China.

Mereka menghargai sikap Suu Kyi yang menentang tekanan asing demi menyelamatkan kepentingan rakyatnya, demikian laporan Global Times, Senin (18/9).

Suu Kyi selama ini dianggap sangat dekat dengan negara-negara Barat oleh warganet China, namun baru-baru ini justru mendapatkan tanggapan positif dari komunitas daring China yang tidak suka dengan tekanan Barat terhadap negara-negara berkembang melalui isu-isu berkaitan dengan keamanan nasional, demikian media yang berafiliasi dengan partai berkuasa di China itu melaporkan.

Dalam laman berita seperti guancha.cn dan ifeng.cn, Suu Kyi banyak mendapatkan tanggapan positif dari warganet yang menyebutnya sebagai “negawarawan yang melayani kepentingan rakyat” dan dianggap tangguh serta bijaksana melebihi politikus perempuan Barat.

Meskipun ramai dibicarakan, nama Suu Kyi tidak ditemukan di Weibo, platform media sosial terpopuler di China. Warga China menganggap bahwa persoalan ekstremisme yang terjadi di Myanmar sebagai masalah sensitif.

“Rakyat China memiliki pandangan yang sama dengan Myanmar terhadap masalah ekstremisme agama. Oleh karena itu, sikap mereka terhadap Suu Kyi juga sama terhadap rakyat Myanmar. Suu Kyi sedang mencoba menjadi negarawan yang pragmatis, bukan seorang idealis Barat. Dia mencoba mengikuti kata hatinya, meskipun mendapatkan kritikan tajam,” kata Liu Yun, pengamat isu-isu Myanmar tinggal di Provinsi Hunan.

 

Tinggalkan Balasan