Berita  

Wapres Mengeluh Khutbah Jumat Selalu Kritik Presiden

Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Jakarta, KabarBerita.id — Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyebut ada perbedaan khotbah masjid di Indonesia dengan Malaysia. Menurut JK, khotbah di masjid-masjid Malaysia cenderung ‘seragam’ berisi doa untuk rajanya, berbeda dengan Indonesia yang kebanyakan berisi kritik pada Presiden.

Hal ini disampaikan JK saat memberikan sambutan dalam rapat kerja nasional Asosiasi Masjid Kampus Indonesia di gedung Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi,Jakarta, Sabtu (10/11).

“Khotbah di Malaysia itu tersentralisasi, karena itu pembukaan khotbahnya pertama selalu mendoakan raja. Di kita mana ada mendoakan presiden, selalu malah mengkritik presiden. Nah bahayanya di situ,” ujar JK.

Menurut JK, hal itu tak lepas dari perbedaan kepengurusan masjid di Indonesia dan Malaysia. Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) ini mengatakan pengurus masjid di negeri jiran umumnya berstatus pegawai negeri, berbeda dengan di Indonesia yang diurus masyarakat umum.

“Kalau di Malaysia sebagian besar masjid dibangun negara, sedangkan kita berbeda, semua masyarakat,” katanya.

Lihat juga: Wapres JK Pimpin Upacara Hari Pahlawan di TMP Kalibata

Perbedaan lain yang mencolok adalah keberadaan kotak amal di masjid. Tak heran, menurut dia, Indonesia dinobatkan sebagai negara paling dermawan di dunia.

Tinggalkan Balasan