Wali Kota Sukabumi Ajak Kaum Millenial Garap Pertanian

Sukabumi KabarBerita.id — Dalam Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) yang jatuh pada Rabu (24/11), bertempat di lokasi Kelompok Tani Sadar Manah RW 11 Kelurahan Cisarua, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi membagikan 250 benih tanaman cabai beserta pupuk dan polybag untuk perwakilan kelompok tani supaya memulai Gerakan Tanam Cabe (Gertabe).

Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi bersama Wakil Wali Kota, Andri Setiawan Hamami, Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Dida Sembada serta tamu undangan lain hadir dalam acara tsrsebut.

Andri Setiawan selaku Kepala DKP3 menjelaskan dalam tahun ini HPS mengusung tema Aksi Kita, Masa Depan Kita, pastikan pangan kita B2SAH (Beragam, Bergizi Seimbang, Aman dan Halal) untuk Hidup yang Sehat, Aktif dan Produktif Menuju Kota Sukabumi yang Religius, Nyaman dan Sejahtera. Selain pembagian benih, terdapat pula acara beberapa lomba dan penanaman benih ikan.

Sementara itu, Walikota Sukabumi menuturkan selama pandemi covid-19 ini pelajaran yang dapat diambil adalah pentingnya ketahanan dan keamanan pangan, oleh karena itu pada peringatan HPS ini diharapkan menjadi momentum untuk terus menjaga ketahanan pangan.

Ia menjelaskan kesulitan dari swasembada pangan adalah terbatasnya lahan, oleh karena itu diharapkan masyarakat bisa menerapkan inovasi DKP3 yaitu Pekarangan Pangan Lestari atau P2L. Selain itu ia meminta DKP3 agar bekerja sama dengan daerah produsen pangan seperti Cianjur dan Karawang.

Walikota juga mengajak kepada kaum milenial ikut menjadi pelaku tani lantaran saat ini sekitar 4.500 petani se – Kota Sukabumi, mayoritas berusia 50 tahun. Oleh karena itu diperlukan regenerasi terutama kaum milenial yang diharapkan bisa melibatkan teknologi dalam pertanian.

Tinggalkan Balasan