Wali Kota Pekanbaru Salurkan Bantuan dari Baznas ke Korban Kebakaran di Tuah Madani

Pekanbaru, KabarBerita.id — Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun menyalurkan bantuan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) ke korban kebakaran di Perumahan Nusa Indah, Jalan Eka Tunggal, Kelurahan Sialang Munggu, Kecamatan Tuah Madani, Ahad (18/12) siang. Korban kebakaran itu adalah Misnawati.

“Kemarin Ibu Misnawati dan keluarga mengalami musibah kebakaran. Rumah Misnawati kembali dibangun berkat bantuan para tetangganya,” kata Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun usai penyaluran bantuan dan pengecekan rumah yang telah dibangun kembali.

Baznas juga turun membantu Misnawati sebesar Rp25 juta dalam program Rumah Layak Huni. Bantuan Baznas ini sebagai bentuk kepedulian yang luar biasa.

“Kami juga akan membantu warga terkena musibah di daerah lain dengan menggunakan dana Baznas. Makanya, mari kita berzakat. Agar zakat ini bisa disalurkan ke warga yang membutuhkan,” ucap Muflihun.

Ketua Baznas Pekanbaru Endar Muda mengatakan kepala daerah merupakan amil zakat. Hanya saja, tugasnya dalam menghimpun zakat didelegasikan kepada Baznas.

Hal ini disambut dengan baik Pj Wali Kota Muflihun. Sebelumnya, zakat yang dihimpun Baznas hanya Rp6,4 miliar.

Kini zakat yang dihimpun sudah lebih dari Rp9 miliar. Kenaikannya sangat signifikan sekitar 40 persen. Pada tahun depan, zakat yang dihimpun mencapai Rp12 miliar.

Asumsi ini berdasarkan gaji dan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) ASB sekitar Rp950 juga tiap bulan. Zakat juga diperoleh dari tiap Unit Pengumpul Zakat (UPZ) masjid.

“Kami sangat bersyukur dengan kebijakan Pj Wali Kota. Karena beliau berani menerapkan zakat bagi pada ASN,” ucap Endar.

Tinggalkan Balasan