Wali Kota Cilegon Berikan Kuliah Umum Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Banten

  • Bagikan

Cilegon, KabarBerita.id —  Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian memberikan materi Kuliah umum pada Mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Banten dengan tema “Kepemimpinan Islam Berkemajuan, Moderasi dan Berkebangsaan untuk Memajukan Indonesia Menyerahkan Semesta” bertempat di Kampus Muhammadiyah Cilegon.

Pada kesempatan itu, Helldy memaparkan beberapa hal penting terkait pendidikan. “Pendidikan merupakan pilar penting dalam pembangunan, dengan adanya pendidikan maka akan merubah perekonomian keluarga, maka dari itu pendidikan sangat erat dengan kesejahteraan,” ungkapnya.

Helldy juga mengapresiasi Muhammadiyah karena telah menjadi lembaga pendidikan yang konsisten.
“Muhammadiyah sedang mencerdaskan bangsa dengan membangun pendidikan, dengan dibukanya Universitas di Cilegon ini sebagai bukti bahwa Muhammadiyah telah konsisten di dunia pendidikam, baik dari setingkat taman kanak-kanak hingga SMA sudah ada di Cilegon, sekarang ditambah perguruan tinggi,” ujarnya.

Menurut Helldy sekolah swasta di Cilegon memiliki tantangan sendiri dalam menjalani aktifitas pendidikannya. “Saya tau sekolah swasta memiliki tantangan sendiri dalam menjalankan aktifitas pendidikannya, karena ini pasti berbeda dengan Negeri yang difasilitasi Pemerintah, untuk itu saya berpesan sekolah swasta harus pintar-pintar mengatur supaya bisa menjadi maju ditengah banyaknya persaingan di dunia pendidikan,” tuturnya.

“Apabila ada murid setingkat SD dan SMP di swasta yang murid tersebut tidak mampu , maka sekolah swasta bisa mendaftarkan ke dindik, maka itu akan kami berikan biaya gratis ke siswa tersebut, saya tidak ingin ada anak Cilegon yang tidak sekolah, karena dengan pendidikan dapat merubah perekonomian keluarga,” sambung Helldy.

“Lalu kami ingin mendidik akhlak secara baik secara agamanya, maka dari itu kami ingin memberikan fasilitas terbaik untuk guru dengan menaikan beberapa honor untuk guru juga, hal ini sebagai bentuk dukungan kami terhadap dunia pendidikan di Cilegon,” lanjut Helldy.

Pada kesempatan itu, Helldy juga menjelaskan program beasiswa full sarjana Pemkot Cilegon. “Kita punya program beasiswa full sarjana bukan tanpa alasan, karena hal ini berdasarkan data yang selama ini menunjukan bahwa di Cilegon ini banyak masyarakatnya yang ingin kuliah tapi tidak mampu, maka dari itu wajar kalau orang Cilegon ini belum ada yang populis secara nasional, bahkan banyak pabrik di Cilegon tetapi tenaga kerjanya sedikit yang asli wong Cilegon, karena apa karena kita ingin menciptakan SDM yang dapat bersaing sehingga nantinya angka pengangguran di Cilegon dapat berkurang,” tegasnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Muhammadiyah Banten, Partono Siswosuharjo menjelaskan pendidikan akan menciptakan generasi emas. “Presiden Jokowi menyampaikan bahwa Indonesia akan mencapai generasi emas, oleh karena itu untuk menyambut generasi emas, Muhammadiyah menciptakan lulusan lulusan yang siap bersaing di dunia pekerjaan, dimana banyak industri di Cilegon, banyak peluang pekerjaan di Cilegon, kami ingin lulusan-lulusan kampus muhammadiyah bisa bersaing dengan lulusan kampus lain,” pungkasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *