Wako Payakumbuh Harap Basketball Grand Ivent 2022 Lahirkan Atlet Berprestasi

Payakumbuh, KabarBerita.id — Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi, berharap kegiatan Payakumbuh Basketball Grand Ivent 2022 dapat melahirkan atlet-atlet berprestasi yang siap membela daerah tersebut di berbagai ajang olahraga.

Ia mengatakan, Kegiatan yang dilaksanakan Perbasi Kota Payakumbuh ini diharapkan bisa menciptakan atlet-atlet yang siap membela daerah diberbagai iven. Tidak saja di ajang Porprov, namun juga iven yang lebih tinggi.

Hal tersebut disampaikan saat membuka kegiatan Payakumbuh Basketball Grand Ivent 2022 secara resmi dengan tembakan ke ring Basket dan diikuti Ketua KONI, Kepala Dinas Pariwisata, Ketua Perbasi serta Isnaldi di Gor Tanjung Pauh.

Riza mengungkapkan bahwa untuk mendukung lahirnya atlet di daerah tersebut, Pemkot Payakumbuh akan terus melengkapi berbagai sarana olahraga.

Meski anggarannya sedikit, namun sarana Pemkot Payakumbuh lengkap. Jadi dengan sarana yang lengkap diharapkan dapat menciptakan atlet-atlet yang yang mampu bertanding di skala yang lebih besar selain Porprov.

Ketua Perbasu Payakumbuh Ledo Putra, mengatakan Payakumbuh Basketball Grand Ivent 2022 merupakan kegiatan Basketball terbesar tahun 2022 yang diikuti puluhan Tim dari Sumatera Barat, Riau, Jambi dan Bengkulu.

Ia menambahkan bahwa Kegiatan yang digagas ini didukung penuh Pemerintah Kota Payakumbuh dan sejumlah pihak lainnya, juga akan menggelar kegiatan untuk peserta didik, tingkat SD, SMP dan SMA.

Selain untuk peserta didik, Payakumbuh Basketball Grand Ivent yang merupakan kegiatan lanjutan pada 2021 itu juga menggelar pertandingan untuk kelompok umur kelahiran 2004, veteran dan eksekutif.

Ia mengatakan selain untuk menciptakan atlet basket berprestasi kegiatan ini juga untuk terus memasyarakatkan olahraga basket sebab disekolah-sekolah sudah banyak sarana atau lapangan basket yang dibangun.

“Dengan iven ini kita siap Ciptakan Atlet, terima untuk persiapan PORPROV tahun 2023 nanti. Kita apresiasi Pemko Payakumbuh yang melengkapi berbagai Fasilitas olahraga di Payakumbuh, semoga Prestasi Payakumbuh kedepannya lebih baik,” katanya.

Sementara Wakil Ketua Pelaksana Kegiatan, Robby Prakarsa mengatakan bahwa antusias peserta sangat tinggi dalam iven ini, selain akibat banyaknya kegiatan vakum karena pandemi, peserta yang berasal dari berbagai daerah juga memanfaatkan iven ini untuk menyiapkan atlet.

“Untuk antusias peserta sangat tinggi, bahkan karena keterbatasan waktu pelaksanaan ada tim atau peserta yang terpaksa tidak diikutsertakan. Iven ini juga menjadi tolak ukur bagi masing-masing daerah atau peserta mengukur kemampuan diri dan daerah lain, serta menyiapkan Atlet jelang Porprov Sumbar pada 2023 nanti,” kata dia didampingi Sekretaris Pelaksana kegiatan, Edward serta Wakil Sekretaris Pelaksana, Aldi.

Sementara Tokoh Masyarakat peduli olahraga Basket Isnaldi mengapresiasi kegiatan yang digelar Perbasi Payakumbuh dan berharap kegiatan tersebut bisa dilakukan secara rutin sebagai wadah sekaligus ajang pencarian atlet.

“Kita apresiasi dan sambut baik kegiatan yang digelar Perbasi Payakumbuh, semoga bisa digelar secara rutin sebagai bentuk pembinaan sekaligus ajang pencarian atlet,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan