Wah Ternyata Secangkir Kopi Dapat Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Ilustrasi (Secangkir Kopi)
Ilustrasi (Secangkir Kopi)

Kabarberita.id – Ternyata kebiasaan meminum kopi terbukti bermanfaat bagi kesehatan jantung. Tidak perlu meminum terlalu banyak, cukup secangkir saja setiap pekan sudah mampu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Penelitian yang dipresentasikan dalam pertemuan ilmiah American Heart Association di California tersebut mengungkap bahwa secangkir kopi tiap pekan bisa menurunkan risiko stroke sebesar 7 persen.

Dibandingkan partisipan yang tidak minum kopi, para peminum kopi juga memiliki risiko 8 persen lebih rendah untuk mengalami gagal jantung.

Didalam penelitian ini, para ilmuwan sebenarnya tidak mengungkap kaitan langsung antara kebiasaan minum kopi dengan risiko penyakit jantung. Mereka menggunakan teknik tertentu untuk mengidentifikasi pola dalam sebuah dataset yang besar.

Terungkap dalam penelitian itu, ada banyak faktor yang berpengaruh pada risiko penyakit kardiovaskular. Termasuk di antaranya tekanan darah, umur, dan kadar kolesterol. Konsumsi kopi, termati sebagai prediktor signifikan pada risiko stroke dan gagal jantung.

Berdasarkan Livescience, Selasa (14/11/2017), data penelitian ini berasal dari 2.750 orang yang berpartisipasi dalam Framingham Heart Study. Mereka diamati selama 34 tahun, dan dipantau kesehatan kardiovaskularnya.

(up/up)

Sumber : Wolipop

Tinggalkan Balasan