Wah, Palembang Akan Bangun Pusat Kuliner Pempek

Palembang, KabarBerita.id– Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan, menyiapkan lokasi khusus yang akan dikelola sebagai pusat kuliner pempek.

Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda di Palembang, Jumat, mengatakan pemkot memproyeksikan lokasi di Gedung UPTD Dinas Pendidikan di Jalan Kapten Cek Syeh Kelurahan 24 Ilir, Kecamatan Bukit Kecil.

Ia mengatakan selain sebagai sentra pempek, bangunan itu juga akan disulap sebagai Rumah UKM yang nantinya menjadi pusat display produk usaha kecil di Palembang.

Tempat ini diharapkan menjadi pusat informasi dan sentra pengembangan UKM.

“Pemerintah Kota Palembang memberikan perhatian sungguh-sungguh bagi pengembangan UKM dan kuliner pempek,” kata dia.

Ia mengatakan dengan adanya Rumah UKM akan pula muncul sentra pempek.

Sentra pempek tersebut mengedepankan teknologi khususnya dalam menjaga ketahanan serta kualitas produk pangan khas Kota Palembang itu.

Fitrianti menambahkan perhatian Pemkot Palembang terlihat dari kucuran bantuan modal sejak 2017 lalu, yang mana telah diberikan bantuan modal kepada 1.000 UKM.

Pada tahun 2018 berlanjut sebanyak 2.000 UKM, dan pada 2019 ada 4.000 UKM. “Pada tahun 2020 ini akan pula diberikan bantuan pinjaman modal kepada sekitar 4.000 UKM,” ujar dia.

Kepala Balai Besar POM di Palembang Hardaningsih menjelaskan Kota Palembang memiliki potensi untuk pengembangan sentra pempek.

Sentra pempek tersebut dapat mengadaptasi pola pengembangan Sentra Rendang Payakumbuh Sumbar yang dikunjunginya beberapa waktu lalu.

“Tinggal nanti bagaimana proses pengemasan pempek tersebut agar bertahan lebih lama. Cuma bedanya pempek memiliki varian yang banyak dan ada yang siap saji dan masih harus diproses,” ujar dia.

Tinggalkan Balasan