Wafatnya Wakil Presiden Ke-9 RI, Hamzah Haz

Jakarta, KabarBerita.id — Indonesia berduka atas meninggalnya Hamzah Haz, Wakil Presiden ke-9 negara ini, yang menghembuskan napas terakhirnya pada usia 84 tahun. Informasi ini disampaikan oleh Sekjen PPP, Arwani Thomafi, dalam konfirmasinya pada Rabu (24/7).

 

“Bapak Dr. Hamzah Haz telah meninggal dunia pagi ini pukul 09.30 WIB di kediaman Tegalan,” ujar Arwani Thomafi.

 

Jenazah beliau akan dimakamkan di komplek pemakaman keluarga di Cisarua, Bogor, pada siang hari setelah pelaksanaan salat zuhur.

 

Hamzah Haz dikenal sebagai salah satu tokoh yang memegang berbagai jabatan penting dalam sejarah politik Indonesia. Beliau menjabat sebagai Menteri Investasi di bawah kepemimpinan Presiden BJ Habibie dan kemudian menjadi Wakil Presiden selama periode 2001 hingga 2004, mendampingi Presiden Megawati Soekarnoputri.

 

Sebelumnya, Hamzah Haz juga memiliki pengalaman sebagai Wakil Ketua DPR RI serta Menko Kesra di masa pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

 

Lahir di Ketapang, Kalimantan Barat, pada tanggal 15 Februari 1940, Hamzah Haz memulai kariernya sebagai seorang guru sejak tahun 1960 dan aktif dalam dunia jurnalistik sebelum akhirnya menjadi pemimpin umum surat kabar di Pontianak.

 

Dengan kepergian Hamzah Haz, Indonesia kehilangan seorang tokoh yang telah berperan penting dalam pembangunan dan politik negara selama beberapa dekade terakhir.

Tinggalkan Balasan