Wabup Hulu Sungai Selatan Lepas Peserta Kemnas Sako Pramuka SIT

Kandangan, KabarBerita.id — Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan, Syamsuri Arsyad, SAP, MA, melepas peserta Kemah Nasional (Kemnas) V Sako Pramuka Sekolah Islam Terpadu (SIT).
Kegiatan ini berlangsung di Gedung Pramuka, Kota Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai selatan (HSS), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Selasa (7/2/2023).

Peserta Kemnas Pramuka yang dilepas Wabup HSS akan menghadiri kegiatan Kemnas V Sako Pramuka SIT yang diselenggarakan pada14-19 Februari 2023 di Buperta Cibubur, Jakarta.
Ketua Yayasan Al-Futuwwah Kandangan, Khairil Anwar, SST, menyampaikan, Kemnas ini merupakan bagian dari program satuan komunitas pramuka SIT yang diadakan setiap empat tahun sekali.

Pesertanya adalah perwakilan dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia dan perwakilan dari negara-negara tetangga.

Wakil Bupati Syamsuri Arsyad, SAP, MA, saat menghadiri acara pelepasan peserta Kemah Nasional (Kemnas) V Sako Pramuka Sekolah Islam Terpadu (SIT) di Gedung Pramuka, Kota Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Selasa (7/2)

“Rencananya, peserta Kemnas tahun ini ada 12.000 orang. Perwakilan Kalimantan Selatan ada 140 orang peserta. Khusus dari Kabupaten HSS  ada 70 orang, terdiri dari 56 orang peserta dan 14 orang pembina pendamping,” jelasnya.
Kemudian, Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad yang juga Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten HSS, mengapresiasi SIT Qurrata A’yun.

Karena, dalam kegiatan ke-pramukaannya benar-benar menjadi sebuah gerakan karena teratur, terukur, dan terstruktur.

“Ada hal yang perlu saya sampaikan kali ini, bahwa kegiatan kepramukaan itu bukan kegiatan organisasi yang ada di dalam lingkungan keluarga. Juga tidak dalam pendidikan formal. Tapi, antar irisan, antara pendidikan di dalam rumah tangga dan pendidikan formal,” jelasnya.

Sama halnya seperti kata Baden Powell, lanjut dia, bahwa kepramukaan itu pengembaraan antara kakak dengan adik.

Wakil Bupati Syamsuri Arsyad, SAP, MA, bersama para pejabat dan peserta Kemah Nasional (Kemnas) V Sako Pramuka Sekolah Islam Terpadu (SIT) di Gedung Pramuka, Kota Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Selasa (7/2).

Semua itu untuk membina kesehatan, membina keterampilan, membina kegembiraan dan kesediaan memberi pertolongan.

“Setelah aktif dalam kepramukaan, idealnya seorang pramuka itu harus semakin terpanggil jiwanya untuk berjiwa sosial dan suka memberi pertolongan kepada temannya. Karena kesediaan memberikan pertolongan itu ada dalam kegiatan kepramukaan kita,” jelasnya.
SelanJutnya, Wabup HSS Syamsuri Arsyad  berpesan agar para peserta yang mengikuti perkemahan kali ini untuk benar-benar mempersiapkan diri secara fisik.

Termasuk juga, menjaga kesehatan, menjaga kekompakan dan bisa mengikuti kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan.

Tinggalkan Balasan