Wabup Bantaeng Harap Masyarakat Bantaeng Kurangi Sampah Plastik

Bantaeng, KabarBerita.id — Saat ini masyarakat banyak menggunakan plastik sebagai bahan untuk Membungkus kebutuhan hidup. Padahal sampah plastik tidak bisa terurai dalam waktu yang singkat dan butuh puluhan tahun supaya sampah tersebut dapat terurai.

Adanya permasalahan tersebut pemerintah Kabupaten bantaeng dalam hal ini menggelar sosialisasi bersama dinas lingkungan hidup tentang pengurangan penggunaan plastik sekali pakai dan peraturan pantai yang tentang pengujian kualitas lingkungan pada laboratorium daerah di ruang pola kantor Bupati bantaeng

Kepala Bidang Pengolahan Sampah dan Limbah Dinas Lingkungan Hidup, Ahmadi melaporkan

Dengan kegiatan sosialisasi ini dilakukan dengan harapan supaya bisa semakin meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pengurangan limbah plastik dan adanya partisipasi dukungan dari berbagai pihak untuk menjaga kelestarian lingkungan secara berkesinambungan baik tingkat RW dan RT dalam hal mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.

Sementara itu wakil Bupati bantaeng, H. Sahabuddin membuka kegiatan sosialisasi secara resmi dalam sambutannya menyampaikan bahwa plastik merupakan senyawa kimia yang sulit terurai dan butuh puluhan tahun hingga ratusan tahun untuk bisa terurai. Jika dalam jangka waktu tersebut tidak tertangani maka akan menjadi ancaman serius bagi lingkungan.

“Indonesia menghasilkan kurang lebih 1,3 juta ton sampah plastik dalam sehari. Penggunaan yang berlebihan itu tentu dapat merusak lingkungan dan kesehatan bagi masyarakat. Saya harap sosialisasi ini dapat membawa dampak positif terhadap penggunaan plastik sekali pakai”, kata Wabup.

Tinggalkan Balasan