Viral! Tidur Terlelap dalam 2 Menit. Cara Tidur ala Tentara

Bahaya tidur setelah sahur

Jakarta, KabarBerita.id — Belakangan ini tengah viral cara tidur ala tentara di media sosial. Hal ini bermula dari unggahan di Tiktok oleh seorang pelatih kebugaran dan konten kreator, Justin Agustin dari Montreal, Kanada. Dia menjelaskan metode yang dilakukan oleh tentara di mana mereka sering tidur dalam kondisi sulit.

Agustin menjelaskan, “metode ini diawali dengan merelaksasi tubuh, kemudian membayangkan cahaya hangat mengalir ke seluruh tubuh, sembari memusatkan perhatian pada pernapasan. Tahap selanjutnya menjernihkan pikiran dari semua tekanan. Bayangkanlah sedang berbaring di kano di danau jernih yang tenang, dengan langit biru di atas.”

Jika pikiran Anda teralihkan, ucapkan dalam hati kata-kata ‘don’t think’ atau ‘jangan berpikir’ 10 kali. Metode ini perlu dilakukan setiap hari selama enam minggu untuk melihat keefektifan mampu tertidur dalam waktu dua menit.

Ini adalah cara yang tepat untuk dekompresi, mengurangi stres dengan napas yang teratur, dan meredakan ketegangan otot. Di mana hal itu merupakan faktor yang membuat orang terjaga di malam hari.

Agustin menambahkan, “seorang pilot membutuhkan sekitar 6 minggu untuk melatih teknik ini, dan hasilnya cukup efektif, bahkan setelah minum kopi dan dengan adanya suara tembakan di sekitar.”

Berikut ini cara tidur ala tentara :

1. Rilekskan seluruh wajah, termasuk otot-otot di dalam mulut.

2. Lemaskan bahu dan biarkan tangan jatuh ke samping tubuh.

3. Buang napas, rilekskan dada.

4. Rilekskan paha dan betis kaki.

5. Kosongkan pikiran selama 10 detik dengan membayangkan pemandangan yang sejuk dan menenangkan.

6. Jika belum berhasil, ucapkan kata-kata “jangan berpikir” berulang-ulang selama 10 detik.

7. Dalam 10 detik, Anda harus tertidur!

Jika cara ini tidak berhasil, mungkin Anda perlu melakukan dasar-dasar metode militer yaitu mengatur pernapasan dan relaksasi otot. Beberapa kondisi seperti kecemasan dapat mengganggu efektivitas metode ini.

James Wilson, pakar perilaku tidur dan lingkungan mengatakan dia agak ragu cara tidur ala tentara ini bisa sukses setiap saat. Untuk membantu masalah sulit tidur, Wilson menyarankan alternatif lain. Misalnya dengan membaca buku cerita, terutama buku yang sudah dibaca sebelumnya. Dengan cara ini pikiran Anda akan mengembara dan hanyut dalam tidur.

Wilson menyarankan untuk mencoba Box Breathing. Teknik ini telah digunakan oleh SAS (Special Air Service) untuk membantu mereka tidur dalam situasi stres. Teniknya yaitu ambil napas dalam empat detik, tahan selama empat detik, keluarkan selama empat detik, dan istirahat selama empat detik. Lanjutkan teknik ini selama empat menit dan biasanya Anda akan tertidur.”

Tinggalkan Balasan