Viral Balita Dipasangi Kawat Gigi, Kenali Bahaya Pasang Behel pada Anak Kecil

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Media sosial dihebohkan dengan kemunculan seorang pengguna TikTok dengan akun @putsho05 yang memamerkan video balita dipasangi kawat gigi atau behel. Unggahan itu menuai respons negatif dari netizen.

Awalnya, akun Twitter @wooahaoe mengunggah foto hasil screenshoot dari TikTok, yang menunjukkan balita perempuan menggunakan kawat gigi atau behel disertai tweet yang menyesalkan tindakan orang tua dari balita tersebut disertai emoticon marah.

“Contoh ortu sinting, anaknya dibehelin padahal masih bocah. Emaknya tukang behel,” cuit @wooahaoe pada 24 Juli 2022.

Kecaman kepada orang tua balita itu pun berdatangan di media sosial, salah satunya dari Rifqie Al Haris, seorang konten kreator yang memakai nama akun Twitter @kortugi_ngetwit.

Dia mengingatkan risiko kondisi kesehatan sang anak di balik pemasangan kawat gigi itu. Dia menekankan bahwa anak memiliki hak dasar salah satunya hak atas tumbuh kembang.

Dalam thread-nya di Twitter, menurut dia tumbuh kembang rahang dan gigi balita tersebut akan terhambat, karena dihalangi kawat gigi. Selain itu, dia menjelaskan, balita tersebut akan kesulitan makan setelah pemasangan kawat gigi, karena ada nyeri akibat luka di dalam mulut.

Hal tersebut bisa berdampak pada terhambatnya nutrisi yang diasup sang balita. Masih menurut @kortugi_ngetwit, perawatan ortodontik pada anak harus dikaji spesialistik dengan alat dan metode yang tepat, agar tidak mengganggu tumbuh kembang anak.

Dia menjelaskan, kesehatan gigi yang dipermainkan akan berpengaruh pada aspek biopsikososial anak. Kesehatan anak akan terancam secara biologis.

Selain itu, secara psikologis, si kecil akan merasa minder akibat cacian, karena bergigi tidak bagus. Hal ini akan berefek negatif di kemudian hari bagi anak tersebut dari aspek komunikasi, relasi dan karir.

Lantas, kapankah waktu yang tepat bagi anak untuk mulai menggunakan kawat gigi atau behel? Seperti dilansir Band and Wire, usia yang baik untuk memakai behel adalah ketika anak menginjak usia belasan tahun.

Diketahui, gigi permanen akan tumbuh sempurna saat si kecil menginjak usia 8 hingga 14 tahun. Inilah waktu yang tepat untuk pemasangan kawat gigi. Namun, dalam beberapa kasus, anak usia enam dan tujuh tahun juga sudah bisa dipasang behel.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan