Vertigo Menyerang, Berikut Langkah yang Harus Dilakukan

Jakarta, KabarBerita.id — Perlu diwaspadai vertigo seringkali bisa terjadj dimana saja dan kapan saja. Demi membantu meringankan gejala terdapat sejumlah langkah yang bisa dilakukan saat vertigo menyerang.

Berikut merupakan kondisi dimana merasa pusing yang terasa lingkungan sekitarnya seperti berputar-putar.

Fikry Hamdan Yasin, Dokter spesialis telinga, hidung dan tenggorokan RS Cipto Mangunkusumo Kencana, menuturkan bahwa vertigo berbeda dari jenis pusing Biasa yang yang terjadi karena kelelahan, kurang tidur, demam. Menurutnya vertigo muncul karena adanya gerakan secara tiba-tiba.

Fikri menuturkan bahwa dampak Pak dari vertigo bagi setiap orang berbeda tergantung penyebabnya. Untuk mengetahui penyebabnya perlu adanya pemeriksaan medis apakah vertigo berasal dari sistem keseimbangan di telinga atau dari saraf pusat.

Fikri menyebut apabila vertigo berasal dari telinga bagian dalam maka tidak terdapat penyakit yang serius. Akan tetapi sebaliknya bila berasal dari saraf pusat maka salah satunya bisa menjadi tanda adanya tumor otak.

Fikri menjelaskan apabila kita mengalami vertigo karena adanya perubahan posisi yang tiba-tiba sebaiknya kita duduk tegak dengan punggung menyandar ke tembok.

Selain itu kita disarankan untuk terus membuka mata dan atur nafas dengan cara mengambil udara dari hidung dan keluar lewat mulut. Posisi kepala juga harus diam jangan digerak-gerakkan.

Apabila serangan terus berlanjut maka disarankan untuk segera meminum obat anti vertigo dan dan mencoba membuka mata dengan fokus di satu titik.

Untuk mengetahui penyebab pasti dari vertigo yang dialami, dokter spesialis telinga, hidung, tenggorokan, kepala, leher, Jenny Bashiruddin menyarankan untuk mengonsumsi obat betahistine dan dilakukannya pemeriksaan oleh dokter demi menjalani tes keseimbangan.

Tinggalkan Balasan