Vaksinasi Lambat Hingga Varian XBB Sebabkan Lonjakan Angka Covid-19 di RI

Jakarta, KabarBerita.id — Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Hermawan Saputra, mengatakan kasus bahwa covid-19 di Indonesia kembali meningkat karena beberapa faktor.
Mulai dari penyebaran varian baru XBB, rendahnya pencapaian vaksinasi booster hingga lemahnya testing serta tracing.
Ia mengatakan kombinasi sejumlah faktor tersebut yang kemudian menyebabkan kasus konfirmasi positif di Indonesia kembali meningkat beberapa waktu terakhir.

Sementara itu Epidemiolog Universitas Griffith Australia, Dicky Budiman mengatakan penyebaran varian XBB menjadi salah satu faktor peningkatan jumlah kasus di Indonesia.

Ia menambahkan penyebaran varian baru XBB itu dibarengi dengan lemahnya testing serta tracing. Sebab sejauh ini sebagian besar kasus konfirmasi itu terdeteksi dari hasil pemeriksaan di fasilitas kesehatan.

Dicky menyebut hal ini perlu direspon secara serius oleh pemerintah. Ia menyampaikan bahwa pemerintah tak bisa hanya mengandalkan vaksinasi untuk mencegah penyebaran.

Jumlah kasus konfirmasi positif covid-19 terus bertambah hingga lebih dari 4.000 kasus. Pada 1 November terdapat 4.707 kasus konfirmasi covid-19. Disusul 4.873 kasus sehari pada 2 November, dan 4.951 kasus pada 3 November.

Peningkatan kasus konfirmasi positif ini sejalan dengan peningkatan jumlah kematian akibat virus corona. Kemudian pada Kamis (3/11), kasus kematian harian tercatat sebanyak 42 kasus ini merupakan tambahan kasus kematian tertinggi terhitung sejak 21 April 2022.

Tinggalkan Balasan