Berita  

‘Ustadz Abdul Somad Ustadz Sejuta Umat’

Riau, KabarBerita.id — Akademisi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Muhammad Ikhwan LC MA menilai bahwa Ustadz Abdul Somad saat ini merupakan dai sejuta umat dengan pemaparan tausiahnya yang diterima oleh semua kalangan.

“Dia selalu menggunakan bahasa yang dipahami seluruh kalangan,” kata Ikhwan di Pekanbaru, Sabtu.

Ikhwan yang tidak lain merupakan kakak tingkat Ustad Abdul Somad ketika menimba ilmu di Universitas Al-Azhar, Mesir tersebut mengatakan sosok juniornya tersebut selalu berupaya menggunakan gaya komunikasi yang ringan.

Menurut dia, Ustadz kondang kelahiran Silo Lama, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, 1977 silam itu selalu mencari solusi kosa kata yang umum, meskipun dalam tausiahnya dia harus menyampaikan sesuatu yang ilmiah.

Selain itu, Ikhwan yang hingga kini masih terus berkomunikasi dengan Ustadz yang baru-baru ini meraih penghargaan salah satu tokoh inspiratif perubahan Republika tersebut menjelaskan Abdul Somad selalu memberikan pemaparan yang relevan sesuai perkembangan zaman.

Kemudian, dia menuturkan bahwa dai yang menjadi pembina PWNU Riau itu kerap memberikan kajian berlandaskan mazhab dan ulama yang selama ini dipelajari, sementara ia tak pernah menghakimi pemahaman tertentu.

“Jadi saya fikir hal tersebut yang menjadi beberapa alasan kenapa beliau diterima seluruh kalangan dan bisa dibilang Ustadz sejuta umat,” ujarnya.

Lebih jauh, Ikhwan mengatakan bahwa fenomena Abdul Somad sebagai ulama yang diterima masyarakat tidak hanya terjadi di Indonesia dan beberapa negara Asia lainnya. Dia mengatakan dari komunikasi terakhirnya, ulama yang akrab disapa UAS itu juga akan berangkat ke Washington DC, Amerika Serikat, pada Juli mendatang.

“Saya dapat kabar beliau diundang oleh alumni Al Azhar untuk hadir di Washington DC Juli mendatang,” katanya.

Tinggalkan Balasan