Berita  

Usai Curiga Politisasi, Ini Komentar Lain Kapolri Soal Rohingya

Jakarta, KabarBerita.id — Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyatakan masih ada warga Myanmar yang berempati terhadap etnis muslim Rohingya dan tidak mendukung pembunuhan massal terhadap etnis tersebut.

“Sebenarnya masih ada masyarakat Myanmar yang solider dengan keluarga muslim di Rohingya,” kata Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian di Surabaya, Kamis (7/9) .

Dia mengatakan, hal itu didasarkan dari sebuah penelitian yang dilakukan di Myanmar dengan menggunakann sebuah aplikasi. Aplikasi itu, kata dia, bisa menyaring berbagai opini berkembang di masyarakat Myanmar.

“Dari hasil penelitian itu, terlihat konflik Rohingya di mata masyarakat Myanmar dipicu adanya upaya legitimasi pemerintahan. Sehingga tidak benar bila menyimpulkan konflik Rohingya berasal dari pertentangan agama,” ujarnya.

Tito menambahkan, permerintah Indonesia turut serta dalam upaya menyelesaikan polemik di Negeri Tanah Emas itu. Di antaranya, dengan menginstruksikan Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi menemui Menteri Luar Negeri Myanmar Daw Aung San Suu Kyi.

“Juga disambut langsung oleh pimpinan militer di sana. Diharapkan upaya diplomasi ini membuahkan hasil yang baik bagi semua pihak, terutama masyarakat Rohingya yang menjadi korban,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan