Berita  

Untuk Menjamin Keamanan, KPU Gunakan Plastik Bungkus Kotak Suara

Rejang Lebong, Kabarberita.id – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyatakan pihaknya akan menggunakan plastik bening untuk membungkus kotak suara dari kardus untuk pemilu mendatang.

Ketua KPU Rejang Lebong, Restu S Wibowo saat dihubungi di Rejang Lebong, Sabtu, mengatakan pengadaan plastik bening untuk membungkus kotak suara kardus tersebut dilakukan guna mengantisipasi hal-hal seperti terkena air mengingat saat ini sedang musim hujan.

“Sampul untuk bungkus kotak suara ini sesuai dengan spesifikasinya berukuran 90×120 CM dengan ketebalan 0,6 milimeter, karena sampul plastik ini tidak ada di Rejang Lebong maka pengadaannya di datangnya dari luar daerah,” katanya.

Sampul plastik itu tambah dia, nantinya akan digunakan untuk membungkus kotak suara dari kardus sesuai dengan jumlah kotak suara yang jumlahnya mencapai 4.190 unit untuk kebutuhan 805 TPS di wilayah itu.

Sejauh ini ketersediaan logistik pemilu di Kabupaten Rejang Lebong, kata Restu, semuanya sudah ada kecuali surat suara yang baru akan di cetak pada pertengahan Januari mendatang.

Adapun logistik pemilu yang sudah tiba di Rejang Lebong selain kotak dan bilik suara, kemudian perlengkapannya seperti sampul, segel, serta perlengkapan pendukung seperti karet, tinta dan lainnya.

“Saya juga informasikan saat ini dari 805 TPS yang ada di Kabupaten Rejang Lebong tidak ada lagi TPS dengan kategori sulit, yang ada TPS jauh. Saat ini tidak ada TPS yang berada di seberang sungai, yang ada TPS jauh,” tambah dia.

Keberadaan TPS jauh itu, adalah TPS yang keberadaannya jauh dari ibu kota kecamatan.

Hal itu berbeda dengan pada pelaksanaan pemilu pada tahun-tahun sebelumnya karena terdapat puluhan TPS sulit lantaran jalannya belum terbuka sehingga pengiriman logistiknya dilakukan menggunakan kendaraan khusus atau berjalan kaki.

Tinggalkan Balasan