Berita  

UMY Pertahankan Posisi PTS Terbaik DIY-Jateng

Bantul, KabarBerita.id — Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali menorehkan prestasi di awal 2021. Kali ini, kampus yang memiliki tagar Unggul dan Islami ini mempertahankan status PTS terbaik di DIY- Jateng versi Webometrics Ranking Web of Universities.

Raihan itu sekaligus menempatkan UMY di peringkat 15 perguruan tinggi Indonesia, peringkat ketiga PTS terbaik Indonesia, dan peringkat pertama Perguruan Tinggi Muhammadiyah/Aisyiyah (PTMA). Pemeringkatan memiliki tiga komponen penilaian.

Mulai dari banyaknya jumlah link dari luar yang masuk ke website, jumlah sitasi karya dosen terdeteksi di Google Scholar, dan banyaknya paper yang disitasi dari Scimago. Ini menunjukkan civitas akademika terus bekerja menghasilkan yang terbaik.

Kepala Biro Sistem Informasi, Dr Wahyudi mengatakan, capaian ini turut menunjukkan UMY terus memberi manfaat bagi orang yang bekerja di dalam maupun masyarakat luas. Artinya, tidak terpengaruh kondisi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.

“Tetap berkarya, sehingga menghasilkan tulisan-tulisan yang bermanfaat bagi masyarakat luas. Ini menunjukkan komitmen UMY untuk terus berkarya dan produktif walaupun dalam kondisi seperti ini,” kata Wahyudi.

Wahyudi berharap, pemeringkatan mendorong civitas akademika UMY terus meningkatkan kualitas dan produktivitas. Sebab, semakin tinggi peringkat sebuah universitas, maka orang-orang yang ada di dalamnya harus terus meningkatkan kualitas.

“Harus memiliki kompetensi, kemauan dan kemampuan untuk terus berkarya,” ujar Wahyudi.

Webometrics Ranking Web of Universities sendiri dikeluarkan dua kali setahun. Menjadi salah satu bentuk acuan agar universitas tetap produktif dan bergerak maju, seperti UMY yang bercita-cita menjadi kampus bereputasi internasional.

Tinggalkan Balasan