Ulasan Lengkap Soal Syarat CPNS 2019, Lulusan SMA Bisa Mendaftar

KabarBerita.id — Bagi yang mendambakan mengabdi negara dengan menjadi pegawai negeri sipil, siapkan diri untuk mendaftar lowongan CPNS 2019 yang akan dibuka pada 11-25 November 2019.

Pendaftaran CPNS hanya bisa dilakukan secara online di situs resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN) pada portal pendaftaran CPNS 2019, yakni https://sscasn.bkn.go.id.

Seperti yang diberitakan media massa, jumlah lowongan CPNS 2019 yang dibuka sebanyak 152.286 formasi untuk instansi pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Dengan rincian 37.425 formasi di 68 kementerian/lembaga, sedangkan 114.861 formasi di 462 pemerintah daerah.

Menariknya lagi, lowongan CPNS 2019 ini tak hanya bagi yang lulusan perguruan tinggi atau lulus sarjana saja, tapi juga bagi lulusan SMA. Namun, tak semua instansi pemerintah yang membuka lowongan CPNS untuk lulusan SMA dan sederajat.

Instansi pemerintah yang membuka lowongan CPNS buat lulusan SMA dalah Kementerian Hukum dan Hak Sasai Manusia (Kemenkumham). Pengumuman ini tertuang dalam No: SEK.KP.0201-745, tentang Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Kemenkumham Tahun Anggaran 2019.

Dikutip dari situs resmi Kemenkumham, lowongan CPNS 2019 yang dibuka sebanyak 4.598 formasi yang terdiri dari formasi khusus dan formasi umum. Formasi khusus adalah cumlaud, disabilitas, putra/putri Papua dan Papua Barat.

Dari jumlah keseluruhan lowongan di Kemenkumham tersebut, lowongan CPNS yang dibuka di Kemenkumham ini sebanyak 3.532 formasi untuk lulusan SLTA sederajat atau lulusan SMA/SMK/MA. Sisanya, sebanyak 1.066 formasi buat lulusan sarjana.

Syarat Umum Mendaftar CPNS 2019

Sebagaimana pengumuman Kemenkumhan terkait pembukaan lowongan CPNS 2019 itu, syarat untuk mendaftar CPNS adalah:

WNI (beragama, ideologi Pancasila, UUD 1945 dan taat NKRI)
Berkepribadian sebagai pelayan publik
Mampu berperan sebagai perekat NKRI
Punya kecerdasan tinggi untuk mengembangkan kapasitas dan kinerja organisasi
Tidak pernah dipidana penjara
Tidak pernah diberhentikan atau berhenti dari PNS
Tidak sebagai CPNS, PNS, TNI, anggota Polri, dan siswa sekolah ikatan dinas
Tidak jadi anggota atau pengurus partai politik
Sehat jasmani dan rohani
Tidak punya ketergantungan dengan narkoba (bisa dapatkan surat keterangan dari rumah sakit pemerintah setempat)
Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia
Bagi wanita, tidak bertato/bekas tato dan tindik/bekas tindik anggota badan lain selain di telinga kecuali karena ketentuan agama atau adat setempat
Syarat Lulusan Pendidikan untuk Mendaftar CPNS
Pendidikan Perguruan Tinggi
Ilustrasi perguruan tinggi

Ketentuan sebagai syarat mendaftar CPNS 2019 berdasarkan kelulusan pendidikannya terdiri dari beberapa jenis formasi, yakni:

Jenis Formasi Umum
Lulusan Perguruan Tinggi dari Luar Negeri:
Dokter, keperawatan, sarjana/S1 dan Diploma III/D-III (non sarjana pendidikan dan non syariah) dengan ijazah transkrip nilai yang telah disetarakan oleh Menkendikbud dengan IPK minimal 2.75.

Lulusan Perguruan Tinggi dari Dalam Negeri:
Dokter, sarjana/S1 dan diploma III/D-III (non sarjana pendidikan dan non syariah) dari perguruan tinggi dan program studi yang terakreditasi BAN-PT dan/atau Pusdiknakes/LAM-PTKes pada saat kelulusan, dengan IPK minimal 2.75.

Lulusan SLTA Sederajat dari Luar Negeri:
Ijazah dan daftar nilai telah disetarakan oleh Kemendikbud.

Lulusan SLTA Sederjat dari Dalam Negeri:
Sekolah yang terdaftar di Kemendikbud dan/atau terdaftar di Kementerian Agama.

Jenis Formasi Cumlaude
Lulusan Perguruan Tinggi dari Luar Negeri:
Sarjana/S1 yang punya surat keputusan penyertaan ijazah dan surat keterangan predikat kelulusannya setara dengan cumlaude dari Kemendikbud

Lulusan Perguruan Tinggi dari Dalam Negeri:
Sarjana/S1 dari perguran tinggi terakreditasi A/Unggulan dan program studi terakreditasi A/Unggul dalam BAN-PT dan/atau Pusdiknakes/LAM-PTKes saat kelulusan dan dibuktikan dengan kata ‘cumlaude/dengan pujian’ pada ijazah atau transkrip nilai.

Jenis Formasi Disabilitas
Lulusan Perguruan Tinggi dari Luar Negeri:
Sarjana/S1 dan Diploma III/D-III (non sarjana pendidikan dan non sarjana syariah) yang punya ijazah dan transkrip nilai yang telah disetarakan oleh Kemendikbud dengan IPK minimal 2.75.

Lulusan Perguruan Tinggi dari Dalam Negeri:
Sarjana/S1 dan Diploma III/D-III dari perguruan tinggi dan program studi yang terakreditasi BAN-PT dan/atau Pusdinakes/LAM-PTKes saat kelulusan, dengan IPK minimal 2.75.

Jenis Formasi Putra/Putri Papua dan Papua Barat
Lulusan Perguruan Tinggi dari Luar Negeri:
Sarjana/S1 dengan ijazah dan transkrip nilai telah disetarakan oleh Kemendikbud dengan IPK minimal 2.75.

Lulusan Perguruan Tinggi dari Dalam Negeri:
Sarjana/S1 dari perguruan tinggi dan program studi yang terakreditasi BAN-PT dan/atau Pusdiknakes/LAM-PTKes saat kelulusan, dengan IPK minimal 2.75.

Lulusan SLTA Sederajat dari Luar Negeri:
Ijazah dan daftar nilai yang telah disetarakan oleh Kemendikbud.

Lulusan SLTA Sederajat dari Dalam Negeri:
Sekolah terdaftar di Kemendikbud dan/atau terdaftar di Kementerian Agama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here