Tuntaskan Masalah Pencernaan, Berikut Tips Menjaga Kebersihan Usus

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Kebutuhan untuk menjaga kebersihan usus nampaknya belum banyak disadari oleh masyarakat. Padahal gangguan pencernaan bisa timbul tidak hanya dari satu organ misalnya usus sendiri yang terdiri dari usus besar, halus dan dua belas jari.

dr. Jeffri, Sp.B-KBD selaku Dokter Spesialis Bedah Digestif dari Siloam Hospitals Palembang menjelaskan usus yang sehat dan terjaga akan membantu kinerja sistem pencernaan sedangkan yang tidak bekerja dengan baik dapat menyebabkan racun dan diserap kemudian dialirkan ke seluruh tubuh melalui darah, bukan mengeluarkannya.

Karena peran yang begitu besar pada proses pencernaan dan penyerapan nutrisi makanan maka kebersihan usus harus dijaga dari penumpukan sisa makanan dalam tubuh.

Adapun gejala tubuh yang menandakan usus kotor adalah seperti susah buang air besar, Cepat lelah, nyeri, bau mulut dan mengalami gangguan tidur.

Berikut ini merupakan sejumlah cara alami maupun medis yang dapat dilakukan demi menjaga kesehatan usus.

1. Pola makan yang sehat

Menerapkan pola makan yang sehat merupakan cara termudah untuk membersihkan usus salah satunya dengan memperbanyak asupan makanan kaya serat.

2. Perbanyak air putih

Selain menghidrasi tubuh air putih juga memiliki manfaat berlimpah bagi pencernaan. Setiap hari tubuh memerlukan setidaknya delapan gelas air putih atau setara 2 L air.

3. Olahraga

Lemak dalam tubuh yang tinggi dapat berpengaruh terhadap resiko kanker usus. Olahraga secara rutin tidak hanya menjaga persentase lemak tubuh namun juga membantu peningkatan aliran darah ke otot pada sistem pencernaan.

4. Konsumsi probiotik

Manfaat Probiotik yang berpengaruh terhadap peningkatan kesehatan secara keseluruhan didapat  yogurt, kimchi, acar, dan makanan fermentasi lain.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan