Berita  

Tundukkan Everton 2-0, MU Kembali ke Jalur Kemenangan

LIVERPOOL, Kabarberita.id – Manchester United menang lagi setelah di tiga laga sebelumnya cuma meraih hasil seri. MU menundukkan tuan rumah Everton dengan skor 2-0. MU tampil tanpa Romelu Lukaku dan Zlatan Ibrahimovic saat bertandang ke Goodison Park, Selasa (2/1/2018) dinihari WIB karena cedera. Manajer Jose Mourinho pun akhirnya memasang Anthony Martial sebagai tumpuan di lini depan.

Permainan berjalan berimbang di babak pertama. Kedua tim terlibat jual beli serangan, tapi tak ada peluang yang benar-benar berbahaya. MU yang tak diperkuat Lukaku dan Ibrahimovic terlihat kesulitan di sepertiga akhir lapangan. Sementara itu, Everton yang dimotori mantan bintang MU Wayne Rooney juga tak menciptakan peluang bersih.

Penyerang Everton, Oumar Niasse, lolos ke kotak penalti MU pada menit ke-24. Beruntung buat MU, ada Marcos Rojo yang membendung usaha Niasse di mulut gawang.

Sementara itu, MU mendapatkan peluang melalui aksi individu Lingard. Lingard menggiring bola dari lini tengah sebelum melepaskan tembakan menyilang. Tapi, arahnya masih melenceng. Tak ada gol yang tercipta hingga selesainya babak pertama. Kedua tim masuk ke ruang ganti dengan skor masih 0-0.

MU berpeluang unggul pada awal babak kedua melalui Juan Mata. Menguasai bola di luar kotak penalti, Mata melepaskan tembakan ke arah gawang yang memaksa kiper Everton, Jordan Pickford, membuat penyelamatan.

Mata kembali mengancam gawang Everton pada menit ke-51. Kali ini tembakannya tak bisa dijangkau oleh Pickford, tapi bola mengenai tiang gawang.

Kebuntuan akhirnya terpecahkan pada menit ke-57 setelah Martial menjebol gawang Everton. Pogba yang menguasai bola di sisi kanan pertahanan Everton mengoperkan bola kepada Martial. Dari depan kotak penalti, Martial melepaskan tembakan yang mengarah ke pojok atas gawang. Gol ini membawa MU memimpin 1-0.

Pogba punya kesempatan memperbesar keunggulan MU enam menit kemudian. Dia bekerja sama dengan Luke Shaw untuk menusuk ke kotak penalti, tapi penyelesaiannya dimentahkan oleh Pickford.

Memasuki menit ke-71, giliran Everton yang mengancam gawang MU. Mason Holgate mengirimkan umpan dari sisi kanan yang disambut oleh Niasse dengan sundulan kepala. Tapi, arah bola masih sedikit melebar.

Lingard nyaris menggandakan keunggulan tim tamu pada menit ke-78. Dia menyambar operan dari Pogba dengan tembakan ke pojok bawah gawang, tapi Pickford menunjukkan refleks yang sangat baik dengan menepis bola keluar lapangan.

Berselang tiga menit, Lingard benar-benar membawa MU memimpin 2-0. Sisi kanan pertahanan Everton lagi-lagi jadi titik lemah. Dari sana, Lingard membawa bola mendekati kotak penalti sebelum melepaskan tembakan keras yang menghunjam pojok atas gawang.

Di sisa waktu, Everton berusaha keras untuk mencetak gol. Tim tuan rumah memasukkan Dominic Calvert-Lewin untuk mempertajam serangan. Tapi, upaya mereka tak menghasilkan apa-apa.

Kemenangan ini mengangkat MU ke peringkat kedua klasemen sementara Premier League dengan perolehan 47 poin dari 22 laga. Mereka berjarak 12 poin dari Manchester City yang duduk di puncak. Adapun Everton menghuni peringkat kesembilan dengan 27 poin.

Susunan Pemain
Everton: Pickford, Holgate, Keane, Williams, Martina, Davies, Schneiderlin, Vlasic, Rooney (McCarthy 62′), Bolasie (Lennon 62′), Niasse (Calvert-Lewin 82′)

Manchester United: De Gea, Lindelof, Jones, Rojo, Shaw, Matic, Herrera, Mata (Tuanzebe 90+2′), Pogba, Lingard (Blind 88′), Martial (Rashford 78′)

Tinggalkan Balasan