Berita  

Trump Tuduh FBI Politisir Memo Partai Republik


Washington, KabarBerita.id – Presiden Donald Trump menyerang integritas FBI dan Departemen Kehakiman pada Jumat dalam sebuah pertarungan luar biasa soal penyiaran memo rahasia Partai Republik yang diduga menuduh FBI bersikap kasar terhadapnya dalam penyelidikan Rusia.

Trump, yang telah lama murka atas penyelidikan tersebut, menuduh pejabat penegakan hukum negara – yang beberapa di antaranya ditunjuk olehnya – mempolitisasi penyelidikan yang mendukung Partai Demokrat dan melawan rekan-rekannya sesama anggota Partai Republik.

Trump telah berulang kali mengeluhkan perlakuan penyidik federal terhadapnya yang menyelidiki kemungkinan adanya kolusi antara kampanyenya dan Rusia untuk mempengaruhi pemilihan presiden 2016, dan tindakan untuk menghalangi penyelidikan tersebut.

“Pimpinan dan Penyidik tinggi FBI serta Departemen Kehakiman telah mempolitisir proses investigasi khidmat yang mendukung Demokrat dan melawan Republik – sesuatu yang tidak terpikirkan beberapa waktu yang lalu,” ujar Trump di Twitter. Presiden memuji karyawan FBI yang menentang pemimpinnya.

Waktu untuk serangan serentak terakhirnya – dua hari setelah FBI memperingatkan publik agar tidak merilis memo rahasia tersebut – tentu akan memperburuk hubungan presiden yang genting dengan lembaga yang seharusnya bebas secara politik.

Perwakilan untuk Biro Investigasi Federal dan Departemen Kehakiman tidak dapat segera dihubungi untuk memberikan komentarnya.

Seorang pejabat Gedung Putih mengatakan bahwa Trump kemungkinan akan memberikan persetujuan Kongres pada Jumat untuk merilis dokumen setebal empat halaman yang telah menjadi titik nyala dalam pertempuran yang lebih luas antara orang-orang Republik dan Demokrat atas penyelidikan Rusia penasehat Khusus Robert Mueller.

Penyelidikan pidana berkembang dari penyelidikan Rusia FBI setelah Trump memecat direktur FBI, James Comey, dan Jaksa Agung Jeff Sessions mengundurkan dirinya sendiri dari penyelidikan tersebut. Rusia menolak ikut campur dalam kampanye pemilihan. Trump, yang telah meminta penyelidikan Mueller sebagai pemburu penyihir politik, telah membantah adanya kolusi atau penghalang keadilan.

FBI mengungkapkan “keprihatinan serius tentang kelalaian fakta material” dalam memo Republik pada Rabu, dalam sebuah teguran publik yang jarang terjadi terhadap presiden dan Partai Republik di Kongres yang mendorong untuk merilis memo tersebut.

Demokrat telah menyebut memo yang dibuat oleh anggota Dewan Intelijen DPR dari Partai Republik sebagai hal yang menyesatkan, berdasarkan pada penggunaan data rahasia yang sangat selektif dan bermaksud mendiskreditkan pekerjaan Mueller, demikian Reuters.

Tinggalkan Balasan