Trump Hapus Cuitan Rasis Setelah Banjir Protes

Washington, KabarBerita.id — Presiden Amerika Serikat Donald Trump sempat mencuitkan video kontroversial terkait rasisme di akun Twitter, Minggu (28/6) terkait rasisme sebelum video itu buru-buru dihapus.

Video bernada rasis itu berisi pertikaian antara pengunjuk rasa anti-Trump dan para pendukungnya. Dalam video itu seorang pria meneriakkan “kekuatan (kulit) putih”.

“Terima kasih kepada orang-orang hebat di The Villages,” cuit Trump ketika mengunggah klip video itu.

Ungkapan “kekuatan (kulit) putih” dianggap identik dengan panggilan untuk supremasi kulit putih. Ungkapan ini telah dianut oleh neo-Nazi, skinhead dan anggota Ku Klux Klan.

Namun, video ini lantas dihapus setelah mendapat banyak protes keras. Trump mencuitkan video itu pada pukul 7:30 pagi dan dihapus sekitar pukul 11:00 waktu setempat.

Menanggapi hal ini Gedung Putih mengeluarkan pernyataan kalau presiden tidak mendengar teriakan “kekuatan (kulit) putih” sebelum mengunggah video tersebut.

“Presiden Trump adalah penggemar berat The Villages. Dia tidak mendengar satu pernyataan yang dibuat di video,” kata juru bicara Gedung Putih Judd Deere.

“Apa yang dia lihat adalah antusiasme yang luar biasa dari banyak pendukungnya.”

Rekaman itu, diperkirakan diambil di sebuah komunitas pensiunan Florida. Dalam video diperlihatkan seorang pria tengah mengendarai kereta golf bertuliskan “Trump 2020” dan “America First”. Ia lantas diejek oleh pengunjuk rasa pinggir jalan yang meneriakkan “rasis.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here