Berita  

Trump: “Biarkan saja mereka melawan. Saya tak peduli”

Donald Trump menunjukkan dukungannya untuk Yerusalem sebagai ibu kota Israel di Gedung Putih Washington, Rabu (6/12/2017)

Kabarberita.id – Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengancam akan menghentikan berbagai program bantuan dari AS ke negara-negara yang menyokong PBB untuk membuat resolusi melawan pengakuan AS atas Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Dilansir laman BBC, langkah pengakuan sepihak atas Yerusalem itu membuat Trump dikecam di berbagai belahan dunia.

“Mereka menerima ratusan juta dolar bahkan miliaran, namun mereka voting dan melawan kita,” kata Trump, 20 Desember 2017.

“Biarkan saja mereka melawan. Saya tak peduli,” lanjut Presiden AS saat berbicara di Gedung Putih.

Komentar itu disampaikan Trump menyusul bakal digelarnya sidang khusus Majelis Umum PBB yang beragendakan voting melawan kebijakan AS melalui adanya rekomendasi resolusi baru. Draft disebutkan tak akan menyebutkan nama negara AS, namun arahnya akan cenderung pada pembatalan pengakuan atas Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Sementara sebelumnya Duta Besar AS untuk PBB Nikki Haley juga sudah berbicara keras di Dewan Keamanan PBB menyoal voting dan rencana resolusi baru tersebut. Haley mengatakan, hal tersebut tak seharusnya terjadi pada AS yang sudah banyak berbuat untuk PBB dan dunia.

AS pada saat itu langsung memveto hasil sidang DK PBB yang dianggap tak berpihak kepada mereka.

Tinggalkan Balasan