Berita  

Trump akan Bertemu Abe Sebelum Ketemu Kim Jong Un

Washington, KabarBerita.id — Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe membahas Korea Utara melalui telepon pada Senin dan menegaskan bahwa mereka akan bertemu sebelum pertemuan puncak AS-Korut, kata Gedung Putih.

Sebuah pernyataan Gedung Putih mengatakan bahwa dalam percakapan telepon mereka, Trump dan Abe menegaskan keharusan bersama untuk mencapai penanggalan lengkap dan permanen senjata nuklir, kimia, dan biologis Korut serta program misil balistik.

Sebelumnya, kantor berita “Kyodo” Jepang mengutip Abe yang mengatakan bahwa kedua pemimpin telah setuju untuk bekerja sama membuat pertemuan puncak antara presiden AS dan pemimpin Korut menjadi lebih berarti.

Trump minggu lalu menarik diri dari pertemuan puncak bersama Kim, yang direncanakan untuk 12 Juni di Singapura, sebelum mengumumkan dia telah mempertimbangkan kembali dan bahwa para pejabat AS dan Korut mengadakan rapat untuk perinciannya.

Pada Minggu, Departemen Luar Negeri AS mengatakan para pejabat AS dan Korut telah bertemu di Panmunjom, sebuah desa di Zona Demiliterisasi (DMZ) yang membentang di sepanjang perbatasan bersenjata antara Korea Utara dan Korea Selatan.

Tim “pra-lanjutan” dari pejabat AS juga melakukan perjalanan ke Singapura untuk bertemu dengan warga Korut di sana, kata Gedung Putih.

Sementara Trump dan Kim tampak bersemangat untuk menggelar pertemuan puncak, kedua belah pihak tetap terpisah jauh dalam isu utama denuklirisasi, dengan Korut menolak tuntutan AS untuk secara sepihak meninggalkan program senjata nuklir yang sekarang mengancam Amerika Serikat.

Tinggalkan Balasan