Tips Turunkan Berat Badan dengan Sehat

  • Bagikan
Diet

Jakarta, KabarBerita.id — demi untuk menurunkan berat badan terdapat berbagai cara yang bisa kita lakukan. Akan tetapi tidak semua cara tersebut bisa menurunkan berat badan dengan sehat.

Dibutuhkan perubahan gaya hidup yang konsisten demi menurunkan berat badan yang sehat. Dimulai dari mengubah pola makan yang lebih baik hingga melakukan olahraga secara rutin.

Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, metode yang dilakukan terlalu cepat dalam menurunkan berat badan bisa membuat tubuh kehilangan massa otot, tulang, dan air. Oleh karena itu sebaiknya kita perlu untuk melakukannya secara bertahap.

Berikut terdapat 4 tips yang bisa bantu kita untuk menurunkan berat badan dengan sehat

1. Kurangi karbohidrat olahan

Mengonsumsi makanan karbohidrat olahan seperti yang berbahan dasar tepung menjadi salah satu yang bisa menghambat kita dalam menurunkan berat badan. Tingginya kalori serta gula dalam makanan ini dapat membuat kenaikan berat badan.

Menurut studi yang telah dilakukan pada tahun 2020 menunjukkan hasil bahwa diet rendah karbohidrat memiliki manfaat dalam proses penurunan berat badan, yang mana dalam diet ini juga bisa mengurangi nafsu makan kita.

Kita sebaiknya mengganti makanan tinggi kalori dengan mengonsumsi makanan yang lebih sehat seperti kacang-kacangan dan biji-bijian. Bisa juga kita memilih untuk mengonsumsi makanan tinggi serat yang mengandung karbohidrat kompleks.

Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks ialah seperti nasi hitam, nasi merah, nasi coklat, roti gandum, kacang merah, wortel, dan bit. Makanan dengan kandungan tersebut dinilai bisa membuat kenyang lebih lama karena proses cernanya yang lama, sehingga bisa membantu kita untuk menurunkan berat badan dengan sehat.

2. Mengonsumsi makanan tinggi protein

Mengonsumsi makanan kaya protein dapat mendukung proses penurunan berat badan yang sehat. Nutrisi yang terkandung di dalam makanan tinggi protein baik bagi otot, rambut, serta kulit. Makanan ini juga dapat meningkatkan kualitas diet kita karena lebih banyak membakar kalori.

Konsumsi makanan tinggi protein bisa juga bantu dalam membangun serta memelihara massa otot. Apabila dilakukan dengan diimbangi olahraga angkat beban maka akan membuat otot lebih kencan, sehingga mampu membakar kalori yang lebih banyak.

Makanan tinggi protein yang bisa kita konsumsi ialah seperti daging ayam, daging sapi tanpa lemakz segala jenis makanan laut, serta telur.

3. Mengonsumsi sayuran hijau

Mengonsumsi sayuran hijau dinilai baik untuk menurunkan berat badan. Vitamin serta mineral yang terkandung di dalamnya dapat menurunkan risiko penyakit seperti jantung dan kanker. Selain itu dengan mengonsumsi sayuran hijau maka akan membuat kulit menjadi lebih sehat

4. Olahraga secara teratur

Tentu saja dalam proses menurunkan berat badan yang sehat, olahraga menjadi aktivitas yang wajib dilakukan. Pembakaran kalori saat berolahraga bisa menjadi lebih banyak.

Sebagai awalan, kita sebaiknya mencoba berbagai olahraga yang sesuai dengan kemampuan tubuh. Atau bisa juga mencoba olahraga yang efektif langsung membakar kalori seperti bersepeda, jalan cepat, jogging, berenang, dan angkat beban.

Dalam proses menurunkan berat badan yang sehat kita juga perlu memastikan untuk mengonsumsi minum air putih yang cukup mengelola tidur yang baik serta mengontrol stres. Lebih baiknya lagi untuk mendapatkan diet yang ideal sesuai kondisi tubuh kita, sebaiknya kita konsultasikan pada dokter atau ahli gizi.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan