Tips Lengkap Bersepeda yang Aman dan Nyaman

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Karena dilakukan sembari melihat banyak pemandangan, olahraga bersepeda selain menyehatkan juga bisa mengurangi stres.

Olahraga bersepeda selama 30 menit sehari bisa kurangi resiko beberapa penyakit yakni paru-paru, jantung dan kanker.

Akan tetapi sebelum melakukan aktivitas olahraga satu ini penting bagi kita untuk mempersiapkan demi keselamatan diri. Berikut beberapa tips supaya bersepeda lebih nyaman dan aman.

1. Mengecek kesiapan sepeda
Sebelum bersepeda kita wajib untuk memastikan sepeda dalam kondisi Prima dengan mengecek beberapa bagian seperti mata rantai, rem, pedal, jok, dan roda.

Selain itu itu pastikan kursi sepeda sudah pada ketinggian yang sesuai dengan kenyamanan tubuh. Hal ini tidak perlu dilakukan setiap hari melainkan bisa dilakukan pengecekan cukup satu minggu sekali.

2. Memakai busana yang nyaman dan tepat
Saat bersepeda kita juga perlu memperhatikan pakaian yang kita kenakan karena Aktivitas ini akan menghasilkan keringat berlebih pada tubuh.

Sebaiknya kita menggunakan pakaian yang bisa menyerap keringat tetapi cepat kering supaya terhindar dari masuk angin.

Selain itu kita juga sebaiknya memilih baju yang longgar agar tubuh bebas bergerak, akan tetapi hindari pakaian yang bisa beresiko menjerat ban maupun rantai sepeda.

3. Menggunakan atribut pelindung
Atribut pelindung seperti helm dan pelindung siku maupun lutut bisa digunakan saat bersepeda karena rentan terluka apabila terjatuh.

Dengan penggunaan atribut yang tepat bisa mengurangi efek yang fatal seperti dengan memilih helm dengan strap yang pas supaya tidak melorot dan tidak terlalu berat.

4. Menggunakan sepatu
Kita disarankan untuk mengenakan sepatu dengan alas datar saat sedang bersepeda agar membantu tubuh menjadi lebih nyaman dan mampu menahan ketika berhenti.

5. Membawa bekal makanan dan minuman

Ketika bersepeda sebaiknya kita tak lupa membawa bekal air putih dan makanan ringan yang mudah dibawa. Untuk menghindari dehidrasi air putih dibutuhkan setidaknya 600ml. Sementara snack bisa menjadi penambah asupan energi agar tidak cepat lelah. Selain itu kita juga wajib membawa cukup uang untuk kondisi darurat.

6. Mematuhi lalu lintas
Jika memilih untuk bersepeda di Jalan Raya maka kita wajib untuk selalu mematuhi rambu lalu lintas seperti layaknya sedang berkendara menggunakan motor.

Pilih lajur kiri yang tidak padat kendaraan dan dilarang memakan jalur pedestrian. Kita juga wajib mempelajari dasar sinyal tangan bagi pesepeda saat turun ke jalan.
Untuk hindari kecelakaan pastikan sepeda yang kita gunakan memiliki bel sebagai tanda hindari pejalan kaki dan kendaraan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan