Tips Jaga Imunitas Anak

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Di masa pandemi Covid-19 saat ini imunitas menjadi hal yang penting untuk diperhatikan dan dijaga. Tak hanya orang dewasa anak-anak juga harus memiliki imunitas yang baik lantaran beresiko rentan terpapar Covid-19.

Menurut penjelasan dari Dian selaku Dokter spesialis anak di Rumah Sakit Islam Jakarta dalam webinar Peran Gizi Dalam Peningkatan Imunitas dan Pencegahan Penularan Covid-19 Pada Anak, Jumat (24/9), kita harus menjaga imunitas anak misalnya dalam hal makanan dan beberapa hal lainnya.

Berikut tips yang bisa dilakukan orang tua untuk menjaga imunitas anak:

1. Memenuhi kebutuhan nutrisi
Ketika anak kekurangan gizi maka imunitasnya juga akan menurun oleh karenanya nutrisi sangat berpengaruh bagi daya tahan tubuh.

Daya tahan tubuh yang kurang akan beresiko mudah terpapar penyakit. Ketika terpapar penyakit nafsu makan sering kali berkurang dan penyerapan nutrisi menjadi turun padahal untuk melawan penyakit tubuh perlu memiliki asupan kalori yang besar.

Bagi balita usia 0-6 bulan orang tua perlu memperhatikan asupan kebutuhan aksi dengan maksimal. Sementara bagi anak usia di atas 6 bulan maka MPASI yang diberikan wajib mengandung nutrisi baik vitamin, mineral, dan serat.

2. Melakukan olahraga dan istirahat yang cukup

Di tengah pandemi saat ini anak-anak kurang melakukan aktivitas fisik dengan bergerak di luar rumah, padahal demi terhindar dari gangguan kesehatan anak-anak perlu dibiasakan melakukan olahraga dan istirahat yang cukup.

Oleh karenanya sebagai orang tua sebaiknya mulai mengajak anak untuk melakukan aktivitas fisik seperti membersihkan rumah, jalan kaki, besepeda atau bermain bersama.

Selain itu Orang tua harus memastikan anak untuk tidur cukup karena kuantitas tidur dapat mempengaruhi imunitas dan perkembangan anak

3. Ajak untuk hidup bersih dan sehat

Orang tua sebaiknya mencontohkan bagi anak-anaknya untuk melakukan perilaku hidup bersih dan sehat. Misalnya mencontohkan mencuci tangan dengan sabun dan kegiatan bersih lainnya.

4. Lakukan vaksinasi dan terapkan protokol kesehatan

Sesuai anjuran pemerintah sebaiknya orangtua memperhatikan vaksinasi terhadap anaknya. Selain itu ajak anak untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dengan selalu menjaga jarak aman, memakai masker, dan mencuci tangan.

5. Jaga mental anak

Orang tua perlu memperhatikan kesehatan mental anak Yakni dengan cara mengajak anak untuk sharing tentang apa yang sedang mereka rasakan dan berikan tanggapan atau respon yang baik dari apa yang disampaikan anak.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan