Tips Bertahan di Cuaca Panas

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Jabodetabek saat ini diselimuti cuaca panas yang cukup ekstrim dalam beberapa hari terakhir. Bahkan cuaca panas mencapai suhu 36 ° Celcius.

Miming Saifudin selaku koordinator bidang cuaca dan peringatan dini BMKG mengatakan kondisi tersebut terjadi karena saat ini Indonesia sedang memasuki musim ke pancaroba atau periode peralihan musim hujan ke kemarau.

Tidak hanya di wilayah Jabodetabek musim pancaroba juga terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia terutama wilayah Jawa, Bali dan Nusa Tenggara.

Dalam cuaca panas seperti ini apa saja yang harus dilakukan masyarakat supaya kondisi tubuh tetap terjaga?

Ahli Gizi Irtya Qiyamulail mengatakan bahwa masyarakat perlu memiliki strategi untuk meminimalis sir terjadinya dehidrasi ditengah cuaca yang sangat panas.

Berikut beberapa tips bertahan ditengah cuaca panas yang dapat Anda lakukan.

1. Penuhi asupan air

Dianjurkan untuk minum dalam jumlah sedikit tapi sering untuk memaksimalkan penyerapan cairan ke dalam tubuh. Jangan langsung minum dalam jumlah yang banyak sekaligus karena tidak semua cairan dapat terserap

2. Kurangi kafein

Minuman mengandung kafein tinggi seperti kopi dan teh kental bersifat diuretik sehingga merangsang banyak kencing dan membuat tubuh kehilangan cairan

3. Kurangi makanan tinggi natrium

Makanan tinggi natrium atau garam dapat memicu perasaan haus. Kondisi ini disebabkan oleh tubuh yang menarik air dari sama Anda

4. Gunakan pakaian tipis

Cuaca panas bisa membuat tubuh mengeluarkan banyak keringat maka dari itu pilih pakaian tipis yang dapat menyerap keringat terutama apabila sedang beraktivitas di luar ruangan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan