Tidur Siang Ternyata Bahaya Bagi Kesehatan

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — setelah makan siang bisa jd jam rawan untuk tidur siang. Namun hati hati jangan terlalu buru buru untuk tidur siang.

Penelitian menunjukkan bahwa tidur siang ataupun memiliki pola tidur yang buruk dapat meningkatkan resiko penyakit kardiovaskular pada orang dewasa yang lebih tua.

Sebuah studi yang diterbitkan oleh jurnal of Amerikan heart Asociation pada Selasa lalu menambah semakin banyak bukti yang mendukung pentingnya tidur yang benar untuk kesehatan yang baik.

Tersebut baru baru ini menambahkan durasi tidur ke daftar periksa faktor kesehatan dan gaya hidup untuk kesehatan kardiovaskular yang dikenal sebagai Life’s essential 8.

Dikatakan orang dewasa harus tidur rata-rata tujuh hingga delapan jam semalam.

Penulis utama Weili Xu, seorang peneliti senior di aging research center di Karolinska institute di Stockholm, Swedia mengatakan perilaku tidur yang baik sangat penting untuk menjaga kesehatan kardiovaskular pada orang dewasa paru baya dan lebih tua.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan kurang tidur dapat menempatkan orang pada resiko yang lebih tinggi untuk berbagai penyakit kronis dan kondisi yang mempengaruhi kesehatan otak dan jantung.

Menurut pusat pengendalian dan pencegahan penyakit ada hampir 35% orang dewasa di Amerika Serikat mengatakan mereka tidur kurang dari tujuh jam, sementara 3,6% lainnya mengatakan mereka tidur 10 jam atau lebih.

Studi mengenai durasi tidur sebelumnya juga menunjukkan bahwa tidak terlalu banyak maupun terlalu sedikit bisa meningkatkan resiko penyakit kardiovaskular. Namun jawaban dari apa nggak tidur siang itu baik atau buruk belum jelas.

Dalam studi para peneliti menganalisis pola tidur untuk 12268 orang dewasa di Swedish Twin Registry. Peserta rata rata berusia 70 tahun pada awal penelitian tanpa riwayat kejadian kardiovaskular utama.

Penelitian sebelumnya melaporkan bahwa orang yang tidur antara tujuh hingga sembilan jam setiap malam paling kecil kemungkinan untuk mengembangkan penyakit kardiovaskular.

Dibandingkan dengan kelompok itu mereka yang melaporkan bahwa mereka tidur kurang dari tujuh jam memiliki 14% kemungkinan untuk mengembangkan penyakit kardiovaskular dan data yang melaporkan lebih dari 10 jam memiliki 10% kemungkinan mengembangkan penyakit kardiovaskular.

Secara keseluruhan mereka yang melaporkan mau tidur yang buruk atau masalah tidur lainnya termasuk insomnia, dengkuran berat, terlalu banyak atau sedikit tidur memiliki resiko 22% lebih tinggi.

Selain itu mereka juga memiliki kemungkinan resiko 47% lebih tinggi daripada mereka yang merupakan suatu optimal dan tanpa tidur siang.

Alih alih mencoba mengganti waktu tidur malam dengan tidur siang, orang harus mencoba mengembangkan kebiasaan tidur yang lebih sehat yang kemungkinan mereka mendapatkan jumlah tidur yang optimal di malam hari.

Apabila orang terus menerus kesulitan tidur yang cukup maka mereka harus berkonsultasi dengan profesional perawatan kesehatan untuk mencari tahu alasannya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan